Pengembangan bahan ajar ilmu pengetahuan Sosial melalui pendekatan saintifik berbasis Lingkungan sekitar untuk peningkatan Kemampuan berpikir ilmiah siswa Sekolah dasar

Marliana, Devie (2022) Pengembangan bahan ajar ilmu pengetahuan Sosial melalui pendekatan saintifik berbasis Lingkungan sekitar untuk peningkatan Kemampuan berpikir ilmiah siswa Sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik untuk peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus, (2) merumuskan pengembangan desain pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik untuk peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus, (3) menganalisis keefektifan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik untuk peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Four-D yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahapan meliputi: pendefinisian (define) , perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Langkah-langkah pengembangan tersebut meliputi: 1) menganalisis kebutuhan di SD; 2) mengembangkan desain awal; 3) validasi dan revisi; 4) uji coba terbatas; 5) uji coba luas; 6) diseminasi. Pelaksanaan uji coba dilakukan pada 45 orang siswa kelas VI di SD Negeri 1,2,3 Jojo sebagai kelas eksperimen, 38 orang siswa di SD Negeri 1,3,4 Adiwarno sebagai kelas kontrol dan 13 siswa kelas VI SD Negeri 3 Jojo untuk memperoleh data uji coba skala terbatas . Data dikumpulkan dengan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data hasil validasi dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor. Data keefektifan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap pendidikan saintifik berbasis lingkungan sekitar dianalisis dengan uji gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05. Desain model pembelajaran yang dikembangkan berupa bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap pendidikan saintifik berbasis lingkungan sekitar. Pembelajaran terbukti valid karena jumlah skor yang diperoleh dari 5 orang validator masing-masing perolehan skor perangkat pembelajaran yang dikembangkan semuanya melebihi batas minimal keberhasilan penelitian yakni > 3,25 dengan kriteria skor valid. Hasil uji paired sample t-test untuk kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung = 26,58 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Selain itu, Penggunaan bahan ajar efektif membangun kemampuan berpikir ilmiah yang terbukti dari peningkatan hasil belajar. Jadi bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial berdasarkan pendekatan saintifik berbasis lingkungan sekitar mampu meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah siswa sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr.Murtono, M.Pd., Dosen Pembimbing : 2.Dr. Moh. Kanzunnudin., M.Pd.
Kata Kunci: Bahan ajar IPS, Pendidikan Saintifik, Berpikir Ilmiah.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 18:40
Last Modified: 15 Dec 2022 18:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17277

Actions (login required)

View Item View Item