SETYOWATI, CICI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG CERITA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (515kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (143kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (137kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas IV SD Negeri Tamansari 02 dalam membuat karangan cerita. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media gambar seri berpengaruh terhadap kemampuan mengarang cerita siswa kelas IV di SD Negeri Tamansari 02 dan menganalisis terjadinya peningkatan kemampuan mengarang cerita siswa sebelum dan sesudah penerapan media gambar seri. Menulis karangan adalah kegiatan yang produktif dimana kegiatan yang kita lakukan mencakup berbagai hal semisal merangkai atau menyusun kalimat, meenyusun kalimat menjadi sebuah paragraf yang di padukan dengan topik atau tema tertentu untuk memperoleh hasil akhir yaitu sebuah karangan sederhana. gambar seri adalah media pembelajaran yang digunakan oleh guru, berupa gambar datar yang mengandung cerita, dengan urutan tertentu, sehingga antara gambar satu dengan gambar lain memiliki hubungan cerita dan membentuk suatu kesatuan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Tamansari 02 yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan menggunakan teknik sampel jenuh. Desain penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Kemudian untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes tertulis membuat karangan cerita dan non tes yang menggunakan menggunakan teknik observasi terstruktur. Serta menggunkan analisis data berupa uji validasi, uji normalitas data dan analisis pengaruh media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan mengarang cerita dengan uji gain berbantuan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukan pengaruh yang diberikan media gambar seri terhadap kemampuan mengarang cerita siswa yang dibuktikan menggunakan analisis paired sample test dengan nilai Stg.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0.05, artinya terdapat perbedaan skor pretest dengan posttest yang menunjukan adanya pengaruh media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa. Dengan adanya peningkatan kemampuan menulis karangan cerita siswa yang dibuktikan melalui analisis peningkatan N-Gain berbantu aplikasi SPSS yang mendapatkan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,71 yang artinya kriteria peningkatan kemampuan mengarang cerita siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan media gambar seri mendapat peningkatan dengan kriteria tinggi. Simpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan cerita siswa kelas kelas V di SDN Tamansari 02 menunjukkan bahwa penggunaan media ini baik digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengarang cerita siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Sekar Dwi Ardianti,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Ika Ari Pratiwi,M.Pd. |
Kata Kunci: | media gambar seri, mengarang cerita |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 18 Dec 2022 19:12 |
Last Modified: | 18 Dec 2022 19:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17345 |
Actions (login required)
View Item |