Pengaruh self-regulation dan self-esteem Terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas vi sekolah dasar di kecamatan wedarijaksa

NINGSIH, BEKTI SETIYA (2022) Pengaruh self-regulation dan self-esteem Terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas vi sekolah dasar di kecamatan wedarijaksa. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara self-regulation terhadap prestasi belajar matematika siswa VI Sekolah Dasar, 2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara self-esteem terhadap prestasi belajar matematika siswa VI Sekolah Dasar, dan 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara self-regulation dan self-esteem terhadap prestasi belajar matematika siswa VI Sekolah Dasar. Self-regulation (regulasi diri) adalah kemampuan yang dimiliki siswa dalam mengatur, menyusun, dan menentukan tujuan belajarnya secara mandiri tanpa bergantung kepada orang lain agar mendapatkan prestasi belajar yang maksimal. Self-esteem atau harga diri adalah penilaian individu mengenai sejauh mana dirinya berharga. Prestasi belajar adalah hasil pencapaian maksimal yang dicapai oleh siswa dalam kegiatan belajarnya atas usaha-usaha yang dilakukan siswa tersebut untuk menguasai pengetahuan akan materi pembelajaran yang dipelajari/diajarkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VI SD Negeri Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati tahun pelajaran 2021/2022. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling maka terpilih semua siswa kelas VI SD Negeri Jetak, SD Negeri Tawangharjo 01, SD Negeri Ngurensiti 01, dan SD Negeri Tluwuk sebanyak 82 siswa dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Hasil analisis hipotesis yang pertama, sil uji t menunjukkan bahwa T hitung > T tabel, yakni 2,086 > 1, 66437. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara self-regulation. Hasil analisis hipotesis yang kedua, hasil uji t menunjukkan bahwa T hitung > T tabel, yakni 3,618 > 1, 66437. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara self-esteem terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI Sekolah Dasar. Hasil uji F menunjukkan bahwa F hitung > F tabel, yakni 14,488 > 2,72. Maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh antara self-regulation dan self-esteem terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI Sekolah Dasar. Kesimpulan pada penelitian ini yakni, 1) terdapat pengaruh antara self-regulation terhadap prestasi belajar matematika siswa VI Sekolah Dasar, 2) terdapat pengaruh antara self-esteem terhadap prestasi belajar matematika siswa VI Sekolah Dasar, dan 3) terdapat pengaruh pengaruh antara self-regulation dan self-esteem terhadap prestasi belajar matematika siswa VI Sekolah Dasar. litian ini aspek-aspek self-regulation dan self-esteem yang digunakan peneliti dalam penelitian ini mampu menjelaskan sebesar 51,8% setelah dilakukan perhitungan koefisien determinasi atau R^2. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen atau variabel bebas, yaitu self-regulation dan self-esteem dapat mempengaruhi atau menjelaskan sesuai dengan aspek/faktor penelitian sebesar 51,8% terhadap variabel dependen atau variabel terikat, yaitu prestasi belajar matematika, sedangkan 48,2% dijelaskan faktor-faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Eko Darmanto,S.Kom.,M.Cs.,MTA. Dosen Pembimbing 2.Dr. Sumaji,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Self-Regulation, Self-Esteem, dan Prestasi Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Dec 2022 19:22
Last Modified: 18 Dec 2022 19:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17348

Actions (login required)

View Item View Item