CHOTIJAH, SITI (2022) Pengaruh model pembelajaran student team achievement division (stad) dan teams games tournament (tgt) terhadap hasil belajar ipa materi sistem pencernaan manusia kelas viii di mts Kecamatan sarang kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (347kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (198kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (189kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPA materi Sistem Pencernaan Manusia pada siswa. 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA materi materi Sistem Pencernaan Manusia pada siswa. 3) mengetahui adanya perbedaan antara model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA materi Sistem Pencernaan Manusia pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan tipe eksperimen murni karena adanya kelas eksperimen dan kontrol, adapun desain yang digunakan adalah pretest posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII MTs di kecamatan Sarang kabupaten Rembang. Sampel dalam penelitian ini adalah siwa kelas VIII MTs Miftahul Huda,MTs Sunan Bonang dan MTs Manba’ul Ilmin Nafi’ kecamatan Sarang kabupaten Rembang yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari prestest dan posttest. Uji instrumen terdiri dari uji normalitas dan reliabilitas, uji prasyarat adalah uji normalitas dan homogenitas, analisis data menggunakan tingkat kesukaran, uji kesamaan rata-rata, uji pembeda, indeks gain dan uji t-test sampel independen. Hasil Penelitian: 1) Model Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di MTs Sarang Rembang, hal ini berdasarkan perolehan nilai Thitung 13,291 > t-tabel 2,06390 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di MTs Sarang Rembang, hal ini berdasarkan perolehan nilai Thitung 25,485 > t-tabel 2,06390 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Model pembelajaran TGT lebih efektif dari pada STAD terhadap hasil belajar IPA materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di MTs Sarang Rembang, hal ini berdasarkan nilai Thitung sebesar 2,278 > Ttabel 2,01063 dan taraf signifikansi 0,005 < 0,05 serta nilai mean yang diperoleh TGT lebih tinggi dibandingkan dengan nilai mean pada pemebalajaran STAD (86,4 > 78,66).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Rismiyanto, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Student Team Achievement Division (STAD), Teams Games Tournament (TGT) Hasil belajar IPA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 18 Dec 2022 19:43 |
Last Modified: | 18 Dec 2022 19:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17354 |
Actions (login required)
View Item |