MURNI, - (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis problem based learning (pbl) pada kemampuan berpikir kritis pembelajaran tematik kelas iv Sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version Download (483kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (367kB) | Preview |
Text (BAB 2)
3. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
4. BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
5. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
6. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (252kB) | Preview |
Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (979kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Basic Learning (PBL) pada kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV TEMA 4 Subtema 3 yang valid, praktis dan efektif digunakan. Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya sekolah yang masih menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) apa adanya dari penerbit. Sering kita jumpai LKPD tersebut kurang tepat digunakan. Isi materi yang kurang sesuai dengan Kopetensi Dasar (KD), bahasa yang digunakan sulit dipahami siswa. Desain gambar yang digunakan kurang menarik minat peserta didik dalam pembelajaran tematik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan dan Semmel (1974:5), desain penelitian pengembangan model 4 D terdiri dari tahap pendefisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), serta tahap penyebaran, (Disseminate) LKPD berbasis PBL yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli. Uji coba LKPD dilakukan di SDN Batursari 7, SDN Batursari 2 kelas IV dengan jumlah siswa 35 dan 34 orang. Uji coba ini dilakukan untuk menguji keefektifan dengan memberikan angket respon siswa, mengamati aktivitas siswa dan menguji kemampuan berpikir kritis, kemudian menguji kepraktisan mengamati pelaksanaan LKPD, angket respon guru dan lembar observasi aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL yang dikembangkan telah tervalidasi yang dinyatakan sangat valid. LKPD berbasis PBL dikatakan praktis dan efektif, karena dalam uji kepraktisan terkait dengan: (1) pelaksanaan LKPD menunjukkan bahwa semua aspek pembelajaran berada pada kategori terlaksana sepenuhnya, (2) guru memberikan respon positif. terhadap LKPD yang digunakan, dan (3) kesesuaian aktivitas guru dengan model pembelajaran berbasis masalah berada pada batas interval toleransi. LKPD ini juga memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) Aktivitas siswa dalam batas interval toleransi;(2) Kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,824 yang termasuk dalam kategori tinggi, dan (3) Siswa memberikan respon positif terhadap LKPD berbasis PBL yang digunakan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A. |
Kata Kunci: | Lembar Kegiatan Peserta Didik, Problem Based Learning (PBL), dan, pembelajaran tematik. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 18 Dec 2022 19:53 |
Last Modified: | 18 Dec 2022 19:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17357 |
Actions (login required)
View Item |