Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi matematika peluang (si mapel) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa

RATNAWATI, ZUNI (2022) Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi matematika peluang (si mapel) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy yang dilihat dari hasil studi pendahuluan dan angket peserta didik kelas XI TB 1 dan XI TB 2, kemampuan komunikasi matematis dengan presentase menghubungkan benda nyata ke dalam ide matematika 11,6%, menjelaskan ide secara lisan/tulisan 5,7%, menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bentuk bahasa/simbol 16,1%, mendengarkan, diskusi, dan menulis 4,7%, membaca presentasi matematika tertulis 7%, merumuskan definisi dan generalisasi 8,7%, menjelaskan dan membuat pertanyaan matematika 4,1%. Hasil angket self-efficacy peserta didik kelas XI TB 1 55,2% dan kelas XI TB 2 58,2%. Tujuan penelitian ini: (1) menguji perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning (DL) berbantuan Si Mapel daripada rata-rata siswa kelas yang diajarkan dengan pembelajaran langsung; (2) menguji rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model DL berbantuan Si Mapel mencapai ketuntasan belajar; dan (3) menguji pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model DL berbantuan Si Mapel. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk penelitian Quasi Experimental. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengumpulan datanya melalui tes, kuesioner dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data awal yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sampel t test. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji t dua sampel independent, uji-z, dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas yang diajarkan dengan model DL lebih baik daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; 2) proporsi siswa yang tuntas KKM setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model DL berbantuan Si Mapel lebih baik dari 75%; dan 3) self-efficacy berpengaruh secara positif sebesar 10,4% terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model DL berbantuan Si Mapel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran DL berbantuan Si Mapel terbukti berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Ratri Rahayu,S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Himmatul Ulya,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Aplikasi Matematika Peluang, Model Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2022 18:26
Last Modified: 19 Dec 2022 18:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17364

Actions (login required)

View Item View Item