Kesantunan berbahasa pada tindak tutur ekspresif dalam film rentang kisah karya gita savitri

Setyorini, Dwi (2022) Kesantunan berbahasa pada tindak tutur ekspresif dalam film rentang kisah karya gita savitri. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah dalam film Rentang Kisah karya Gita Savitri yang ditemukan beberapa percakapan antar tokoh tentang tindak tutur yang paling sering ditemukan yaitu contoh-contoh tindak tutur ekspresif, serta terdapat beberapa contoh prinsip kesantunan berbahasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikaan (1) macam-macam tindak tutur ekspresif pada film Rentang Kisah Karya Gita Savitri, (2) mendeskripsikan macam-macam maksim kesantunan berbahasa dalam film Rentang Kisah karya Gita Savitri. Penelitian ini mendeskripsikan macam-macam tindak tutur ekspresif yang meliputi mengucapkan terima kasih, mengucapkan selamat, meminta maaf, mengucapkan belasungkawa, mengeluh, mengkritik, dan memuji. Selanjutnya, mendeskripsikan macam-macam maksim kesantunan berbahasa yang meliputi maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim simpati. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini yaitu data lisan berupa tuturan antar tokoh dalam film Rentang Kisah. Sumber data penelitian ini diambil dari beberapa dialog-dialog tokoh film Rentang Kisah rilis dalam aplikasi Klik Film. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan metode simak bebas libat cakap. Sedangkan, untuk teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik yaitu (1) reduksi data, (2) verifikasi data, dan (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) tindak tutur ekspresif yang ditemukan pada film Rentang Kisah sebanyak 65 data. Meliputi 25 data makna mengucapkan terima kasih, 2 data makna mengucapkan selamat, 10 data makna meminta maaf, 1 data makna belasungkawa, 19 data makna mengeluh, 5 data makna mengkritik, dan 3 data yang mengandung makna memuji, dan (2) prinsip kesantunan berbahasa pada tindak tutur ekspresif dalam Film Rentang Kisah terdapat 22 data meliputi yaitu, maksim kearifan terdapat 2 data, maksim kedermawanan terdapat 8 data, maksim pujian terdapat 4 data, maksim kerendahan hati terdapat 1 data, maksim kesepakan terdapat 2 data, dan maksim simpati terdapat 5 data. Penelitian ini menganalisis tentang maksim kesantunan pada tindak tutur ekspresif dalam Film Rentang Kisah. Penelitian ini dapat dikaji kembali perkembangan tuturan ekspresif serta kesantunan berbahasa dalam dunia perfilman pada objek yang lebih modern lagi agar para produser-produser film dapat menciptakan sebuah karya yang tidak hanya menceritakan sebuah kisah dan menghibur tetapi juga menerapkan tuturan kesantunan yang baik dan benar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing : 2.Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kesantunan Berbahasa, Tindak Tutur Ekspresif, dan Film.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Dec 2022 18:33
Last Modified: 20 Dec 2022 18:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17411

Actions (login required)

View Item View Item