Rancang bangun chatbot untuk customer service menggunakan metode natural language processing (nlp) (studi kasus website theme62.com)

ZAHWA, ARGA FAIRUZ (2022) Rancang bangun chatbot untuk customer service menggunakan metode natural language processing (nlp) (studi kasus website theme62.com). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstrak

Theme62 merupakan website penyedia template blogger terbaik dengan fitur yang terinspirasi dari Wordpress. Semakin meningkatnya peminat dan kunjungan pada website Theme62, semakin meningkat pula kebutuhan customer service. Hal ini tidak seimbang dengan sumber daya manusia yang mengelola website Theme62 sehingga pada beberapa pelanggan tidak terlayani dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatasi problematika dalam customer service yang semakin meningkat dengan cara semula yang dijalankan oleh manusia digantikan oleh bot yang dapat melayani pelanggan dengan cepat dan tanpa henti. Sistem chatbot dibuat menggunakan metode Natural Language Processing (NLP) dengan bantuan library node-nlp oleh Node.js yang mampu mengolah bahasa manusia menjadi bahasa yang dapat dipahami oleh komputer, dengan begitu komputer dapat memahami maksud dari pertanyaan manusia dan dapat berinteraksi layaknya manusia. Hasil akhir yang diperoleh adalah terbentuknya sistem chatbot yang mampu menangani pertanyaan pelanggan dengan cepat, selain itu meringankan pekerjaan admin Theme62 sehingga dapat lebih fokus dalam mengembangkan produk Theme62.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Rina Fiati,S.T.,M.Cs Dosen Pembimbing 2. Ahmad Jazuli,S.Kom.,M.Kom
Kata Kunci: Chatbot, NLP, Customer Service
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum)
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Dec 2022 18:51
Last Modified: 20 Dec 2022 18:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17412

Actions (login required)

View Item View Item