ZAHWA, ARGA FAIRUZ (2022) Rancang bangun chatbot untuk customer service menggunakan metode natural language processing (nlp) (studi kasus website theme62.com). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (151kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (145kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
Abstrak
Theme62 merupakan website penyedia template blogger terbaik dengan fitur yang terinspirasi dari Wordpress. Semakin meningkatnya peminat dan kunjungan pada website Theme62, semakin meningkat pula kebutuhan customer service. Hal ini tidak seimbang dengan sumber daya manusia yang mengelola website Theme62 sehingga pada beberapa pelanggan tidak terlayani dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatasi problematika dalam customer service yang semakin meningkat dengan cara semula yang dijalankan oleh manusia digantikan oleh bot yang dapat melayani pelanggan dengan cepat dan tanpa henti. Sistem chatbot dibuat menggunakan metode Natural Language Processing (NLP) dengan bantuan library node-nlp oleh Node.js yang mampu mengolah bahasa manusia menjadi bahasa yang dapat dipahami oleh komputer, dengan begitu komputer dapat memahami maksud dari pertanyaan manusia dan dapat berinteraksi layaknya manusia. Hasil akhir yang diperoleh adalah terbentuknya sistem chatbot yang mampu menangani pertanyaan pelanggan dengan cepat, selain itu meringankan pekerjaan admin Theme62 sehingga dapat lebih fokus dalam mengembangkan produk Theme62.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1.Rina Fiati,S.T.,M.Cs Dosen Pembimbing 2. Ahmad Jazuli,S.Kom.,M.Kom |
Kata Kunci: | Chatbot, NLP, Customer Service |
Subjects: | Teknologi > Teknologi (umum) Teknologi > T1 Teknologi (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 18:51 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 18:51 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17412 |
Actions (login required)
View Item |