ANALISIS ikemampuan ipemecahan imasalah imatematis Iditinjau idari iaktivitas ibelajar isiswa idalam imodel i irme BERBANTUAN ikartu ikeren ipada isiswa ikelas iv i

iSAFITRI, ISTIANA (2021) ANALISIS ikemampuan ipemecahan imasalah imatematis Iditinjau idari iaktivitas ibelajar isiswa idalam imodel i irme BERBANTUAN ikartu ikeren ipada isiswa ikelas iv i. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah merupakan cara-cara ataupun usaha yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan masalah berdasarkan pengetahuan yang ada pada dirinya sehingga masalah tersebut tidak lagi menjadi masalah baginya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara model RME dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dalam aktivitas belajar siswa siswa kelas V SDN 1 Gebang tahun 2019/2020. Realistik Mathematic Education (RME) adalah suatu pendekatan pembelajaran matematika yang berawal dari masalah realistik sebagai sarana untuk mengonkretkan materi dan menghimpun konsep matematika. Penerapan RME diawali dengan pemunculan masalah realistik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif . Sampel penelitan ber jumlah siswa 15 siswa kelas V, namun peneliti hanya mengambil 6 siswa. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Proses analisa dengan menggunakan langkah-langkah uji SPSS yang terdiri dari uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil menunjukkan Karena sig = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 (p value < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara metode RME berbantuan kartu keren dengan kemapuan pemecahan masalah matematis dalam aktivitas belajar siswa kelas V SDN 1 Gebang Pati Jawa Tengah. Saran kepada guru kelas V SDN 1 Gebang Pati Jawa Tengah tetap mengembangkan metode RME dengan animasi yang lain salah satunya dengan bantuan kartu keren dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah matematis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Savitri Wanabuliandari, S.Pd,. M.Pd.
Kata Kunci: Model RME, Kartu Keren, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2023 19:52
Last Modified: 02 Jan 2023 19:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17715

Actions (login required)

View Item View Item