NAVIDA, ILYUN (2021) Peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan Motivasi belajar siswa kelas vi sd 1 rejosari Di masa pandemi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (696kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (131kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (123kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) bentuk-bentuk peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SD 1 Rejosari di masa pandemi. (2) Kendala peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SD 1 Rejosari di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods desain sequential exploratory sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Rejosari dengan mengambil subjek penelitian 6 orang (3 orang tua dan 3 siswa) dengan kategori memiliki hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan pencatatan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) orang tua subjek 1 menerapkan pola asuh permisif sebesar 83,33% dan jumlah skor motivasi belajar sebesar 50 masuk kategori rendah. orang tua subjek 2 menerapkan pola asuh demokratis sebesar 100% dan jumlah skor motivasi belajar sebesar 95 masuk kategori tinggi, sedangkan orang tua subjek 3 menerapkan pola asuh permisif sebesar 83,33% dan jumlah skor motivasi belajar sebesar 52 masuk kategori rendah. (2) Faktor pendukung pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi yaitu berupa perhatian orang tua dengan berbagai cara masing-masing anak, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kesibukan orang tua seperti pekerjaan dan kondisi anak seperti bermain dengan teman sebaya, bermain hp, dan nonton tv.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Fina Fakhriyah, M.Pd. 2. Lintang Kironorotri |
Kata Kunci: | Peran Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 20:38 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 20:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17728 |
Actions (login required)
View Item |