Pengembangan buku panduan bermain drama Berbasis budaya demak untuk anak usia dini Di kecamatan karanganyar kabupaten demak

-, RONDIYAH (2022) Pengembangan buku panduan bermain drama Berbasis budaya demak untuk anak usia dini Di kecamatan karanganyar kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang masalah adalah rendahnya kemampuan kognitif anak dalam bermain drama dan kurangnya pengetahuan siswa tentang budaya daerah sendiri. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis kebutuhan pengembangan buku panduan bermain drama berbasis budaya Demak untuk anak usia dini di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak, (2) mendiskripsikan desain pengembangan buku panduan bermain drama berbasis budaya Demak untuk anak usia dini di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak, (3) menganalisis kelayakan pengembangan buku panduan bermain drama berbasis budaya Demak untuk anak usia dini di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak, (4) menganalisis efektivitas pengembangan buku panduan bermain drama berbasis budaya Demak untuk anak usia dini di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini akan dilaksanakan di TK Kelompok B Kecamatan Karanganyar. Kabupaten Demak. Desain penelitian mengadopsi metode dari Borg and Gall dengan 10 tahapan. Sumber data adalah 15 guru dan 60 anak TK kelompok B di Kecamatan Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket, peroman wawancara, dan lembar observasi Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji perbedaan rata-rata (uji t dan uji n gain) Hasil penelitian adalah 1) diperlukan pengembangan buku panduan bermain drama berbasis budaya sesuai dengan analisis kebutuhan guru dan anak TK terhadap media pembealjaran dalam bermain drama 2) pengembangan buku panduan bermain drama berbasis budaya merupakan buku ajar atau acuan bagi guru untuk mengajar bermain drama. Buku panduan terdiri dari bagian awal, bagian isi dan penutup, 3) pengembangan buku panduan bermain drama berbasis budaya Demak layak digunakan untuk bermain drama bagi anak TK di Kecmatan Karanganyar. berdasarkan validasi media dan materi oleh validator, serta respon guru dan anak terhadap buku panduan bermain drama dengan kriteria sangat baik. 4) Pengembangan buku panduan bermain drama berbasis budaya Demak efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dan minat belajar anak di lembaga TK. berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji coba luas dengan t hitung > t tabel.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Fitri Budi Suryani, M.Pd 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, MA..
Kata Kunci: Buku Panduan, Drama, Budaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jan 2023 19:07
Last Modified: 10 Jan 2023 19:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18082

Actions (login required)

View Item View Item