Azizah, Imroatun (2023) Pengaruh model sq4r dan model skema terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas iii sd gugus ki hajar dewantara 1 Kecamatan sedan kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (274kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (107kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (113kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh penggunaan Model Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas III SD Gugus Ki Hajar Dewantara 1 kecamatan Sedan kabupaten Rembang. Menganalisis pengaruh penggunaan Model Skema terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas III SD Gugus Ki Hajar Dewantara 1 Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Menemukan efektivitas penggunaan Metode Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dan skema terhadap keterampilan membaca pemahman pada siswa kelas III SD Gugus Ki Hajar Dewantara 1 kecamatan Sedan kabupaten Rembang. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Gugus Ki Hajar Dewantara 1 kecamatan Sedan kabupaten Rembang. Teknik sampling dengan purposive sampling. Data yang digunakan yakni data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian berupa observasi dan tes. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian mendapatkan usia responden 9 tahun (86,7%) dan paling banyak perempuan (63,3%). Skor rata-rata metode SQ4R pre (33,73) post (56,87), metode skema pre (33,73), post (53,13). Analisa pengaruh model SQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman (p 0,000), metode skema (p 0,000). Analisa perbedaan (Mann Whitney) mendapatkan nilai p 0,000. Penelitian ini menunjukkan metode SQ4R dan skema berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman dan perbedaan antara metode SQ4R dan skema menunjukkan adanya perbedaan signifikan, yaitu model SQ4R lebih baik. Diharapkan para guru dapat mengaplikasikan metode SQ4R sebagai alternatif metode pembelajaran membaca pemahaman di sekolah. Saran dari penelitian adalah; 1) guru dapat mengaplikasikan teknik membaca tersebut sebagai alternatif metode pembelajaran membaca pemahaman di sekolah, 2) penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran sehingga, pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan opitimal dan 3) siswa diharapkan lebih aktif dan mengikuti arahan guru untuk mencapai hasil pembelajaran secara optimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Erik Aditia Ismaya,S.Pd.,M.A DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr Irfai Fathurohman,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Model SQ4R, Model Skema, Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 20:17 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 20:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18594 |
Actions (login required)
View Item |