ISMIATI, NANIK (2023) Analisis pembelajaran online berbasis whatsapp group untuk menumbuhkan Moral anak usia dini. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Hal. Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (449kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (216kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (261kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (609kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis penerapan pembelajaran online berbasis whatsapp group untuk menumbuhkan moral anak usia dini di TK Pertiwi Mlatinorowito, 2) Menganalisis kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran online berbasis whatsapp group untuk menumbuhkan moral anak usia dini di TK Pertiwi Mlatinorowito. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Observasi dilakukan kepada Kepala sekolah, sebagai guru kelas dan wali murid dari TK Pertiwi Mlatinorowito. Teknik analisis data penelitian ini dimulai dari lapangan, yakni dengan terjun ke lapangan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa TK Pertiwi Mlatinorowito menumbuhkan moral anak usia dini dengan dukungan dan kerjasama kepala sekolah, guru, dan orang tua melalui whatsapp group. Karakter kedisiplinan mengalami peningkatan yaitu selalu datang tepat waktu, dapat memperkirakan waktu yang diperlukan, menggunakan benda sesuai fungsinya, mengambil dan mengembalikan benda, berusaha menaati peraturan yang telah disepakati, tertib menunggu giliran, dan menyadari akibat bila tidak disiplin. Dukungan kepala sekolah dalam mengatasi kendala pembelajaran online melalui whatsapp group yaitu menginstruksikan guru memberikan lembar rencana pembelajaran, memberikan saran agar orang tua yang minim fasilitas bergabung dengan orang tua lainnya, memberikan motivasi kepada anak berupa hadiah, dan memberikan waktu 4 hari dalam mengerjakan tugas. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) dalam pembelajaran online berbasis whattsaap group harus adanya kerjasama antara orang tua dan guru dalam mendukung kelancaran pembelajaran online, 2) guru dan orang tua perlu memberikan motivasi kepada anak agar kemampuan disiplin meningkat, 3) pemenuhan fasilitas merupakan salah satu hal terpenting, sehingga anak dapat mengikuti pembelajaran online.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr mochamad Widjanarko,M.Si DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr Agung Slamet Kusmanto,M.Pd,Kons |
Kata Kunci: | Pembelajaran Online, Anak Usia Dini, Whatsapp |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 22:20 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 22:20 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18603 |
Actions (login required)
View Item |