WANDAYA, WANDAYA (2023) Pengembangan media wayang janur dalam pembelajaran bercerita kelas rendah bersendikan kearifan lokal kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (237kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (125kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (167kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan kebutuhan media bercerita siswa di Sekolah Dasar. Menguji coba rancangan pengembangan media wayang janur sebagai sarana bercerita di Sekolah Dasar. Mengetahui keefektifan media wayang janur sebagai sarana bercerita di Sekolah Dasar Negeri Kenongo Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah sebagai berikut 1) pengumpulan data, 2) rancangan produk, 3) pembuatan produk, 4) uji coba produk, 5) revisi produk, 6) Uji coba pemakaian, 7) revisi produk. Pertemuan 1 memperoleh rata-rata 78,98 dan pertemuan 2 memperoleh rata-rata 95,65. Siswa sangat antusias dan berminat dalam menggunakan wayang janur. Saat penilaian unjuk kerja bercerita pertemuan 1, siswa bingung saat memerankan adegan cerita. Pada pertemuan ke-2, siswa mulai hafal dengan tokoh wayang janur yang dimainkan. Rata-rata unjuk kerja pertemuan 1 mencapai rata-rata 73, 37. Pada pertemuan 2 diperoleh rata-rata 79,35 dengan nilai tertinggi 95,83 dan nilai terendah 54,17. Implikasi dalam penelitian ini sebagai berikut guru harus belajar menggunakan wayang janur bersendikan kearifan lokal dalam bercerita, sehingga siswa tertarik dan mampu bercerita dengan baik. Dari uji efektifitas kelas eksperimental, diperoleh hasil N-gain dengan kategori sedang. Sedangkan perbandingan unjuk kerja bercerita pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai thitung > ttabel. Sehingga media wayang janur bersendikan kearifan lokal Rembang efektif digunakan dalam pembelajaran bercerita.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Suad, M.Pd. DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. |
Kata Kunci: | Wayang, Cerita Rakyat, Keterampilan Bercerita |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 22:30 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 22:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18605 |
Actions (login required)
View Item |