Pengembangan media wayang janur dalam pembelajaran bercerita kelas rendah bersendikan kearifan lokal kabupaten rembang

WANDAYA, WANDAYA (2023) Pengembangan media wayang janur dalam pembelajaran bercerita kelas rendah bersendikan kearifan lokal kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan kebutuhan media bercerita siswa di Sekolah Dasar. Menguji coba rancangan pengembangan media wayang janur sebagai sarana bercerita di Sekolah Dasar. Mengetahui keefektifan media wayang janur sebagai sarana bercerita di Sekolah Dasar Negeri Kenongo Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah sebagai berikut 1) pengumpulan data, 2) rancangan produk, 3) pembuatan produk, 4) uji coba produk, 5) revisi produk, 6) Uji coba pemakaian, 7) revisi produk. Pertemuan 1 memperoleh rata-rata 78,98 dan pertemuan 2 memperoleh rata-rata 95,65. Siswa sangat antusias dan berminat dalam menggunakan wayang janur. Saat penilaian unjuk kerja bercerita pertemuan 1, siswa bingung saat memerankan adegan cerita. Pada pertemuan ke-2, siswa mulai hafal dengan tokoh wayang janur yang dimainkan. Rata-rata unjuk kerja pertemuan 1 mencapai rata-rata 73, 37. Pada pertemuan 2 diperoleh rata-rata 79,35 dengan nilai tertinggi 95,83 dan nilai terendah 54,17. Implikasi dalam penelitian ini sebagai berikut guru harus belajar menggunakan wayang janur bersendikan kearifan lokal dalam bercerita, sehingga siswa tertarik dan mampu bercerita dengan baik. Dari uji efektifitas kelas eksperimental, diperoleh hasil N-gain dengan kategori sedang. Sedangkan perbandingan unjuk kerja bercerita pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai thitung > ttabel. Sehingga media wayang janur bersendikan kearifan lokal Rembang efektif digunakan dalam pembelajaran bercerita.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Suad, M.Pd. DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.
Kata Kunci: Wayang, Cerita Rakyat, Keterampilan Bercerita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jul 2023 22:30
Last Modified: 10 Jul 2023 22:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18605

Actions (login required)

View Item View Item