Cergam digital Sebagai alternatif media pendukung Pemerolehan bahasa reseptif anak usia dini Di tk bina putra 1 wonorejo kabupaten demak

Supriyani, Sri (2023) Cergam digital Sebagai alternatif media pendukung Pemerolehan bahasa reseptif anak usia dini Di tk bina putra 1 wonorejo kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
Hal Depan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini yakni: (1) mengetahui implementasi cergam digitial sebagai alternatif media pendukung pemerolehan bahasa reseptif anak usia dini di TK Bina Putra 1 Kabupaten Demak, (2) mengetahui faktor-faktor yang mendukung adanya cergam digitial sebagai alternatif media pendukung pemerolehan bahasa reseptif anak usia dini di TK Bina Putra 1 Kabupaten Demak, dan (3) mengetahui faktor-faktor yang menghambat adanya cergam digitial sebagai alternatif media pendukung pemerolehan bahasa reseptif anak usia dini di TK Bina Putra 1 Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi implementasi, faktor pendukung, dan faktor penghambat penggunaan cergam digital sebagai alternatif media pendukung pemerolehan bahasa reseptif pada anak usia dini TK Bina Putra 1 Wonorejo Kabupaten Demak. Sumber data dalam penelitian ini meliputi: catatan hasil observasi terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik, transkripsi hasil wawancara pada subjek penelitian, dan dokumentasi terkait pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan cergam digital. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara semi struktur terbuka, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengimplementasian cergam digital pada pembelajaran bahasa reseptif anak usia dini di TK Bina Putra 1 Wonorejo mengacu pada kriteria cergam digital yang ditentukan oleh guru dan daya dukung dari berbagai pihak sehingga dapat terlaksana sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah disusun; (2) faktor pendukung pengimplementasian cergam digital untuk pembelajaran bahasa reseptif anak usia dini di TK Bina Putra 1 Wonorejo meliputi kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai, dukungan stakeholder, dan kompetensi pendidik; (3) kendala yang terjadi dalam proses pengimplemenatasian cergam digital untuk pembelajaran bahasa reseptif anak usia dini di TK Bina Putra 1 Wonorejo yakni terdapat pada teknis prapembelajaran dan pengondisian kelas di awal pembelajaran. Selanjutnya, penelitian ini dapat direkomendasikan sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini bagi guru, kepala sekolah, dan wali peserta didik, serta dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk penelitian lebih lanjut bagi peneliti lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Fitri Budi Suryani,SS.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Mochamad Widjanarko,S.Psi.,Msi
Kata Kunci: cergam digital, alternatif media pendukung, pemerolehan bahasa reseptif, anak usia dini, TK Bina Putra 1 Wonorejo Kabupaten Demak.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Jul 2023 20:46
Last Modified: 14 Jul 2023 20:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18628

Actions (login required)

View Item View Item