Niam, Ulfati (2023) PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA PERMULAAN BERBASIS METODE SUKU KATA DAN MEDIA KARTU BACA UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN 1 PLAWANGAN. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (336kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (131kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (195kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (609kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Mendiskripsikan kebutuhan pengembangan modul membaca permulaan berbasis metode suku kata dan media kartu baca untuk peningkatan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Plawangan. 2) Menghasilkan desain produk pengembangan modul membaca permulaan berbasis metode suku kata dan media kartu baca untuk peningkatan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Plawangan. 3) Menganalisis kelayakan bahan ajar pengembangan modul membaca permulaan berbasis metode suku kata dan media kartu baca untuk peningkatan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Plawangan. 4) Menemukan efektivitas pengembangan modul membaca permulaan berbasis metode suku kata dan media kartu baca untuk peningkatan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Plawangan. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Populasi adalah siswa kelas I Sekolah Dasar. Teknik sampling dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil penelitian analisa kebutuhan berdasarkan wawancara dan observasi pembelajaran masih belum menggunkan media pembelajaran yang tepat sehingga kesulitan untuk merangsang kemampuan membaca siswa. Rancangan pengembangan diawali dengan perencanaan yaitu melakukan analisa RPPH, bahan modul (materi), langkah penggunaan media dan ukuran modul yang dibuat. Kelayakan produk dilakukan uji validitas kepada ahli media dengan skor 93.75% dan validasi ahli materi mendapatkan skor 87.5% (kategori sangat layak). Respon guru mendapatkan prosentasenya sebanyak 92% dengan kategori sangat suka. Uji coba terbatas, menunjukkan adanya selisih dengan kelompok ekperimen. Adanya peningkatan yang signifikan peningkatan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Plawangan setelah pengembangan modul membaca permulaan berbasis metode suku kata dan media kartu baca. Hasil penelitian uji coba luas didapatkan peningkatan nilai rata-rata pre test dan post test. Nilai rata-rata pre test sebesar 21.23, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 34.27. Hasil analisa didapatkan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh efektivitas atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini mendapatkan bahwa pengembangan modul membaca permulaan berbasis metode suku kata dan media kartu baca efektif untuk peningkatan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Plawangan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Drs.Mohammad Kanzunnudin,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Irfai Fathurohman,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Modul Membaca Permulaan Berbasis Metode Suku Kata Dan Media Kartu Baca, Keterampilan Membaca, Siswa Kelas 1. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 21:48 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 21:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18633 |
Actions (login required)
View Item |