Hadid, Zubaral (2023) Pengembangan buku cerita rakyat rembang dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman Siswa kelas iv sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (662kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (281kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (629kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (927kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (416kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (825kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan Pengembangan Buku Cerita Rakyat Rembang Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 1 Sidomulyo Sedan Rembang. Menghasilkan desain produk Pengembangan Buku Cerita Rakyat Rembang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 1 Sidomulyo Sedan Rembang. Menghasilan kelayakan produk Pengembangan Buku Cerita Rakyat Rembang Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 1 Sidomulyo Sedan Rembang. Menganalisis efektivitas Pengembangan Buku Cerita Rakyat Rembang Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 1 Sidomulyo Sedan Rembang. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Populasi adalah siswa kelas IV SDN 1 Sidomulyo Sedan Rembang. Teknik sampling dengan purposive sampling. Data yang digunakan yakni data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil penelitian didapatkan analisa kebutuhan melalui observasi dan wawancara didapatkan belum menggunkan media pembelajaran yang tepat sehingga kesulitan untuk merangsang kemampuan membaca siswa. Pengembangan buku cerita Rakyat Rembang melalui proses analisis rencana pelaksanaan, menentukan tema, menentukan tujuan, sumber belajar, membuat buku cerita. Pengembangan diawali dengan studi pendahuluan, analisis, perumusan pengembangan media pembelajaran, desain media, prototype dan pengembangan instrument. Validasi ahli media didapatkan skor 95,8% (valid), validasi ahli materi mendapatkan skor 18.5 (sangat baik). Hasil analisa efektivitas didapatkan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh efektivitas atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Buku Cerita Rakyat Rembang efektif dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Drs.Mohammad Kanzunnudin,M.Pd DOSEN EMBIMBING 2 :Dr.Irfai Fathurohman,S.Pd.M.Pd |
Kata Kunci: | Buku, Cerita Rakyat, Keterampilan Membaca Pemahaman |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 16 Jul 2023 20:22 |
Last Modified: | 16 Jul 2023 20:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18671 |
Actions (login required)
View Item |