Madubala, Sixta (2023) Pengembangan model asesmen anak autis melalui pendekatan terapi seni untuk peningkatan Kemampuan konsentrasi di paud inklusi Kota surakarta. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (496kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (342kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (969kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (420kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa sintak model asesmen anak autis melalui terapi seni untuk peningkatan kemampuan konsentrasi, di PAUD Inklusi Kota Surakarta. Focus penelitian ini didasarkan pada penelitian pengembangan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan didapati kurangnya ketrampilan dan pemahaman guru dalam mendesain asesmen pada anak autis di lembaga PAUD inklusi. Model asesmen untuk anak autis pada penelitian ini berupa kegiatan terapi seni dua dimensi. Rancangan Pendekatan terapi menggunakan teori Lovaas yakni memberikan reward edukatif atas setiap keberhasilan asesmen yang dicapai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan varian exploratory menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Lima tahap; (1) Analisis untuk menganalisa kebutuhan pelaksanaan asesmen dilapangan; (2) Perancangan adalah menyusun rancangan model asesmen berdasarkan hasil analisis lapangan; (3) Pengembangan yakni pengembangan model asesmen melalui validasi dan revisi menuju produk yang siap untuk uji coba; (4) Penerapan terbatas model asesmen kepada anak autis di 5 PAUD inklusi di Kota Surakarta untuk menguji kelayakan model; (5) Evaluasi untuk menentukan produk akhir dan evaluasi dari setiap tahapan yang dilakukan. Populasi adalah anak didik autis dari Lembaga PAUD Inklusi di Kota Surakarta. Teknik sampling dengan purposive sampling. Data yang digunakan yakni data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil penelitian: 1) Perencanaan Pengembangan Model Asesmen pendekatan terapi seni diawali dari analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap asesmen pembelajaran bagi anak autis, data yang diperoleh kemudian peneliti menganalisis tujuan, materi dan perangkat asesmen. 2) Desain produk dimulai dari pembuatan bahan ajar asesmen mengacu pada kurikulum merdeka dengan capaian pembelajaran pada fase foundasi, serta mengintegrasikannya dengan kegiatan seni dua dimensi sebagai teknik terapi seni. 3) Model asesmen dengan pendekatan terapi seni efektif dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi anak autis, hal ini berdasarkan hasil paired samples statistic diketahui bahwa asesmen anak autis dengan terapi seni pada kelas eksperimen mendapat nilai postest 82.5 dan kelas kontrol nilai postest 62, 7. Sehingga dapat dikatakan bahwa anak autis yang diberi asesmen dengan pendekatan terapi seni memiliki kemampuan konsentrasi yang lebih baik dibandingkan dengan anak autis yang mengikuti asesmen tanpa menerapkan pendekatan terapi seni.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Sri Utaminingsih,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Nur Fajrie,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Asesmen, Anak Autis, Terapi Seni, Kemampuan Konsentrasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 16 Jul 2023 20:36 |
Last Modified: | 16 Jul 2023 20:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18672 |
Actions (login required)
View Item |