PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERBASIS TRADISI REMBANG UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Aminah, Aminah (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERBASIS TRADISI REMBANG UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk 1) menganalisis kebutuhan pengembangan Buku Cerita Berbasis Tradisi Rembang untuk peningkatan keterampilan Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. 2) Menghasilkan desain Buku Cerita Berbasis Tradisi Rembang untuk peningkatan keterampilan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. 3) Mengetahui kelayakan Buku Cerita Berbasis Tradisi Rembang untuk peningkatan keterampilan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. 4) Menganalisis efektivitas Buku Cerita Berbasis Tradisi Rembang untuk peningkatan keterampilan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Metode penelitian Research and Development yang meliputi 10 langkah; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Penelitian ini quasy experiment dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar. Teknik sampling dengan purposive sampling. Data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil penelitian pada analisa kebutuhan melalui observasi dan wawancara mendapatkan bahwa media ajar belum sesuai dengan kenyataan yang didaerah tempat tinggal siswa (Rembang) sehingga perlu dikembangan buku cerita berbasis Tradisi Rembang. Rancangan pengembangan buku cerita melalui proses analisis rencana pelaksanaan, menentukan tema, tujuan, sumber belajar, membuat buku, membuat sampul buku, desain isi buku, tulisan Arial ukuran 14 serta penjilidan lem. Validasi ahli media mendapat skor 91,6% kategori valid (sangat layak), ahli materi diperoleh skor 17,75 (valid). Angket respon siswa diperoleh (93%) kategori sangat suka. Angket guru mendapatkan skor 96% (sangat suka). Hasil uji validitas dan reliabilitas mendapatkan hasil bahwa intrumen valid dan reliabel. Hasil analisa uji coba terbatas mendapatkan nilai t hitung (6.887) > t tabel (2,1788) dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Uji coba luas didapatkan nilai sig 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Buku Cerita Berbasis Tradisi Rembang efektif untuk peningkatan keterampilan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Drs.Mohammad Kanzunnudin,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Irfa'i Fathuroman,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Buku Cerita, Tradisi Rembang, Keterampilan Membaca Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Jul 2023 21:17
Last Modified: 17 Jul 2023 21:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18683

Actions (login required)

View Item View Item