PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI KELAS III SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GUNEM KABUPATEN REMBANG

Solikah, Anik (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI KELAS III SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GUNEM KABUPATEN REMBANG. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (729kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian untuk menganalisis kebutuhan lembar kerja siswa tema perkembangan teknologi berbasis contextual teaching and learning terhadap peningkatan kemampuan literasi anak sekolah dasar, menghasilkan desain produk pengembangan lembar kerja siswa tema perkembangan teknologi berbasis contextual teaching and learning terhadap peningkatan kemampuan literasi anak sekolah dasar, menganalisis kelayakan pengembangan lembar kerja siswa tema perkembangan teknologi berbasis contextual teaching and learning terhadap peningkatan kemampuan literasi anak sekolah dasar, mengetahui keefektifan lembar kerja siswa berbasis tema perkembangan teknologi contextual teaching and learning terhadap peningkatan kemampuan literasi anak sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development yang mengacu pada teori Borg dan Gall, dengan menggunakan sepuluh langkah pelaksanaan penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 1 Gunem dan SDN Sendangmulyo. Hasil penelitan mendapatkan analisis kebutuhan diketahui pelaksanaan pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa untuk penguasan literasi. Tahap pengembangan peneliti mendesain prototype perangkat pembelajaran (instructional material). Pengembangan produk LKS berbasis contextual teaching and learning memperhatikan beberapa aspek sehingga LKS yang didesain dapat digunakan siswa dalam belajar. Validasi ahli materi memperoleh hasil 17,75 dengan predikat valid. Validasi ahli media mendapatkan skor 91,6%, dikategorikan sangat layak. Uji efektivitas dengan uji coba terbatas didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima karena Sig. (2-tailed) < 0,05 dan t hitung > t tabel. Artinya terdapat peningkatan yang signifikan Kemampuan Literasi Anak Sekolah Dasar setelah menggunakan media pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching And Learning. Hasil uji coba luas dengan uji Wilcoxon menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching And Learning efektif terhadap Kemampuan Literasi Anak Sekolah Dasar nilai p 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Drs.Fitri Budi Suryani,SS.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Mohammad Kanzunnudin,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Lembar Kerja Siswa, Literasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Jul 2023 21:29
Last Modified: 17 Jul 2023 21:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18685

Actions (login required)

View Item View Item