Yuliwijayanti, Anna (2023) Pengembangan media manipulatif untuk memahamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa sd kelas vi. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (471kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (128kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (265kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa melalui pengembangan media manipulatif pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar, 2) membuat desain pengembangan media pembelajaran panel pati, dan 3) menganalisis keefektifan pengembangan media manipulatif disekolah dasar. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall dalam tujuh langkah penelitian yaitu pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, pengujian lapangan, revisi, uji produk, dan revisi hasil uji produk lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Analisis data dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif meliputi observasi pembelajaran, dan validasi produk media manipulatif pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Desain pengembangan media manipulatif terdiri dari media manipulatif berupa papan hitung dari kayu beserta kartu bilangan berwarna merah untuk bilangan positif dan kartu berwarna kuning untuk bilangan negatif. selain itu juga ada buku petunjuk penggunaan media yang terdiri dari cover, prakata, daftar isi, pendahuluan, bentuk media, petunjuk penggunaan, petunjuk permainan, dan daftar pustaka. Dari hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh persentase 87% dengan kategori sangat baik. Untuk hasil antusias siswa diperoleh persentase 90% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil angket tersebut dapat disimpulkan bahwa “media manipulatif” sangat layak untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk siswa kelas VI sekolah dasar muatan pelajaran matematika materi bilangan bulat
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Santoso,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Achmad Hilal Madjdi,M.Pd |
Kata Kunci: | media manipulatif, penjumlahan pengurangan, bilangan bulat |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 22:18 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 22:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18690 |
Actions (login required)
View Item |