Pengembangan lembar kerja siswa (lks) dengan pendekatan open-ended untuk pembelajaran penguasaan konsep matematika siswa Kelas v sekolah dasar

Elleshe Kurniawaty, Nindhy (2023) Pengembangan lembar kerja siswa (lks) dengan pendekatan open-ended untuk pembelajaran penguasaan konsep matematika siswa Kelas v sekolah dasar. Master thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIARAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan Open Ended untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep matematika, mengetahui kepraktisan Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan Open Ended untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep matematika, mengetahui tingkat efektifitas produk berupa Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan Open Ended untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep matematika. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Uji efektivitas dalam penelitian ini adalah Quasy Experiment. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design, yaitu sampel penelitian terpilih adalah dua sampel dimana 2 kelompok dengan tindakan berbeda yaitu tindakan kelompok control dan eksperimen. Sampel penelitian adalah Siswa SDN 1 dan SDN 2 Kebloran tahun pelajaran 2021/2022. Data yang digunakan yakni data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil penelitan mendapatkan analisa kebutuhan ditemukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran matematika dikelas media Pembelajaran yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan siswa untuk memacu kemampuan siswa dalam penguasaan konsep matematika. Pada tahap pengembangan peneliti membuat desain prototype perangkat pembelajaran. Validasi ahli materi memperoleh hasil 94,6% dengan predikat valid. Validasi ahli media mendapatkan skor 88,3%, dikategorikan sangat layak. Uji validitas dikatakan valid karena r hitung>r tabel (0,632). Hasil uji reliabilitas 0,899 > 0,6 menunjukkan instrumen reliabel. Angket respon siswa menunjukan nilai 82% dengan kriteria sangat layak. Dari hasil perhitungan tersebut dapat dinyatakan bahwa pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan Open Ended untuk pembelajaran kemampuan penguasaan konsep matematika siswa kelas V SD layak digunakan dalam pembelajaran tema pecahan. Pada uji coba secara terbatas didapatkan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,050. Artinya dapat diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai sig. (2 tailed) < 0,050 dan t hitung > t tabel. Simpulan penelitian ini terdapat perbedaan antara kelompok kontrol dan eksperimen, yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan kemampuan penguasaan konsep matematika siswa dari Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan Open Ended. Dari penelitian disarankan bahwa LKS berbasis open ended dapat dijadikan bahan ajar alternatif dalam pembelajaran untuk memacu penguasaan konsep matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Sri Utaminingsih,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Sumaji,M.Pd
Kata Kunci: LKS, pendekatan Open-ended, penguasaan konsep matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Jul 2023 18:33
Last Modified: 20 Jul 2023 18:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18719

Actions (login required)

View Item View Item