Yudha, Arry (2023) Pengaruh tunjangan profesi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja dengan organizational citizenship behaviour (ocb) sebagai anticeden pada guru sekolah dasar wedarijaksa kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (BAB II)
2. BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh tunjangan profesi guru terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati, 2) menganalisis pengaruh motivasi guru terhadap OCB guru SD di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati, 3) menganalisis pengaruh tunjangan profesi guru terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati melalui OCB, 4) menganalisis pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati, 5) menganalisis pengaruh OCB terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Secara epistimologi, kinerja berasal dari kata performance atau berarti prestasi kerja, sebagaimana dikemukakan oleh Afandi (2018:83), kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau kelompok orang dalam suatu sekolah sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya pencapaian tujuan organisasi secara illegal, tidak melanggar hukum dan tidak bertentangan dengan moral dan etika. Mangkunegara (2018:9) mendefinisikan kinerja atau prestasi kerja adalah sebagai hasil kerja orang secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawabnya yang diberikan kepadanya dalam suatu kurun waktu yang ditetapkan. Berdasarkan pendapat tersebut, maka kinerja adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan/program/kebijaksanaan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi dan misi sekolah yang tertuang dalam perumusan skema strategis suatu organisasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena penelitian ini disajikan dengan angka-angka. Jenis penelitian ini adalah explanatory research atau confirmatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan tentang pengaruh kausal dan menguji keterkaitan antara beberapa variabel melalui beberapa hipotesis atau penelitian penjelasan. Dalam penelitian ini akan digunakan beberapa tehnik dalam mengumpulkan data penelitian, yaitu observasi, Studi Pustaka, Wawancara/Interview Kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati sebanyak 151 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) tunjangan profesi guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, berarti semakin tinggi tunjangan profesi guru maka akan meningkatkan kinerja guru, 2) motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, berarti semakin tinggi motivasi guru maka akan meningkatkan kinerja guru, 3) tunjangan profesi guru berpengaruh signifikan terhadap OCB guru. Semakin tinggi tunjangan profesi guru maka akan meningkatkan OCB guru, 4) motivasi berpengaruh signifikan terhadap OCB guru. Semakin tinggi motivasi maka akan meningkatkan OCB guru Sekolah Dasar Wedarijaksa Kabupaten Pati, 5) adanya peningkatan OCB guru menyebabkan adanya keterlibatan guru untuk mencapai hasil kerja yang diharapkan akan optimal. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: tunjangan sertifikasi guru diberikan oleh pemerintah agar guru dapat meningkatkan motivasi kerja dan kinerjanya sehingga perlu kesadaran diri bagi guru agar program dapat berjalan dengan optimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Slamet Utomo, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Erik Aditia Ismaya, MM. |
Kata Kunci: | TPG, Motivasi, Kinerja, OCB |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 19:52 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 19:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18732 |
Actions (login required)
View Item |