Septiano, Ilham (2023) Students’ perception on learning english Using short stories in reading comprehension In eighth grade of junior high school 1 pecangaan. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (680kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Bahasa Inggris adalah mata pelajaran wajib yang diajarkan di SMP 1 Pecangaan Jepara. Salah satu aspek dalam belajar bahasa Inggris adalah membaca. Membaca mempunyai peran baik dalam mempelajari materi bahasa Inggris. Untuk pemahaman membaca, guru dapat menggunakan berbagai media. Di sini, guru menggunakan cerita pendek sebagai media. Guru menggunakan cerita pendek populer di Indoneia. Materi dalam pembelajaran ini adalah “recount text”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas 8 SMP 1 Pecangaan Jepara terhadap cerita pendek dalam pembelajaran pemahaman membaca. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan instrumen berupa wawancara kepada 20 siswa untuk memperoleh informasi yang mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas 8 SMP 1 Pecangaan Kudus terhadap cerita pendek sebagai media dalam pembelajaran untuk pemahaman membaca adalah positif. Hal ini dapat digambarkan dengan hasil siswa yang dominan menunjukkan jawaban positif ketika interview. Dengan menggunakan cerita pendek dapat membuat siswa menambah dan memahami kosakata baru, cara penggunaan kalimat dalam bahasa inggris, serta meningkatkan pemahaman membaca. Siswa juga merasa nyaman dan tertarik ketika membaca cerita pendek. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan cerita pendek sebagai media dalam pemahaman membaca untuk membuat siswa lebih rileks selama proses pembelajaran. Guru dapat memilih cerita pendek yang menarik dan sesuai dengan materi sehingga siswa dapat dengan mudah memahaminya. Peneliti juga merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya untuk melakukan penelitian serupa dan mengeksplorasi aspek lain.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Diah Kurniati,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Rusiana,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | persepsi, cerita pendek, pemahaman membaca |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 19:20 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 19:20 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18756 |
Actions (login required)
View Item |