Husna SYifa, Shabrina (2023) Rhetorical moves analysis on skripsi introduction of english education students at universitas muria kudus. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (801kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (76kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (21kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (20kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Dafatar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (176kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
Abstrak
Menulis artikel akademik khususnya skripsi masih menjadi tantangan bagi mahasiswa EFL di Indonesia. Penerapan retorika teknik pada penulisan artikel ilmiah, khususnya skripsi masih menjadi hal yang cukup sulit bagi mereka. Namun, menulis skripsi merupakan syarat wajib bagi mahasiswa sarjana Indonesia untuk menyelesaikan studinya. Oleh karena itu, mereka perlu menulis skripsi yang menyampaikan wacana penulisan ilmiah dengan jelas, terarah, dan komprehensif, termasuk dalam penulisan bagian Pendahuluan. Berdasarkan masalah tersebut, proposal skripsi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana gerakan retorika pada bagian pendahuluan penelitian kualitatif skripsi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus dan mencari tahu bagaimana pengaplikasian teori Swales (1990) tentang pengaplikasian gerakan retorika pada bagian pendahuluan skripsi kualitatif skripsi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menggunakan dokumen sebagai instrumen penelitian dengan mengambil tiga puluh penelitian kualitatif mahasiswa EED yang mendapat nilai A dalam tugas akhir mereka di tahun ajaran 2020-2022. Kemudian data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan mengadopsi theory milik Swales (1990). Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa kebanyakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus hanya menerapkan move 1 step 1 dan step 2 serta move 3 step 1 dan 2 dalam bab pendahuluan skripsi mereka. Banyak dari mereka yang melewatkan move 1 step 3 dalam penulisan pendahuluan yang mana bagian tersebut merupakan bagian penting yang dapat mengarahkan mereka dalam penulisan move 2. Oleh karena itu, hanya sedikit dari mereka yang menerapkan move 2 dalam penulisan bab pendahuluan pada skripsi. Dalam penelitian ini peneliti hanya memfokuskan pada analisis gerak retorika pada pengantar tesis sarjana kualitatif yang ditulis oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan analisis lebih lanjut mengenai fitur linguistik dalam Pendahuluan Skripsi karena berkaitan dengan gerak retorika.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Fitri Budi Suryani,SS.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Diah Kurniati,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Gerak Retorika, Pendahuluan, Skripsi, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 21:47 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 21:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18776 |
Actions (login required)
View Item |