Teaching writing narrative texts using videos (youtube) to the eleventh grade students’ at sma nu al-ma’ruf kudus in academic year 2022/2023

LESTARI, DIAH DWI (2023) Teaching writing narrative texts using videos (youtube) to the eleventh grade students’ at sma nu al-ma’ruf kudus in academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
Bab VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan yaitu membaca, berbicara, menulis, dan mendengarkan yang harus dikuasai oleh siswa sekolah. Dengan keterampilan menulis, siswa juga dilatih untuk berpikir kritis kemudian menuangkan ide atau informasi ke dalam bentuk tulisan sesuai dengan bahasanya masing-masing dengan memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar. Menulis menjadi salah satu masalah utama bagi siswa kelas XI SMA NU Al-Ma'ruf Kudus. Peneliti mencoba menerapkan Video YouTube sebagai media dalam pengajaran menulis teks naratif karena bisa membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan menulis teks naratif Bahasa Inggris serta membuat siswa menjadi mudah dan tertarik untuk belajar menulis teks naratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks naratif siswa kelas XI SMA NU Al-Ma'ruf Kudus tahun pelajaran 2022/2023 sebelum diajar dengan menggunakan video YouTube. Peneliti ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan menulis teks naratif sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan video YouTube. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimetal dengan satu kelompok pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebelas, dengan sampel 35 siswa kelas XI IPS 3 SMA NU Al-Ma'ruf Kudus. Peneliti menggunakan tes menulis sebagai instrumen penelitian berupa esai untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor siswa kelas XI SMA NU Al-Ma'ruf Kudus tahun ajaran 2022/2023 sebelum diajar dengan menggunakan Video YouTube adalah 50,51 (kategori sangat rendah), dengan standar deviasi 10,42. Sedangkan nilai rata-rata siswa sesudah diajar menggunakan Video YouTube adalah 79,08 (kategori baik), dengan standar deviasi 12,72. Berarti terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan menulis teks naratif siswa kelas sebelas SMA NU Al-Ma'ruf Kudus tahun ajaran 2022/2023 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Video YouTube. Degree of freedom (df) 34 pada taraf signifikansi 0,05 dengan t (table) ± 2,032 dan t (obtained) 0,442. Jadi, hipotesis nol ditolak karena t (obtained) lebih besar dari t (table). Peneliti menyimpulkan bahwa Video YouTube merupakan salah satu media yang berpengaruh sehingga bisa meningkatkan penguasaan menulis teks naratif siswa karena bisa membantu murid dalam menguasai kemampuan menulis. Oleh karena itu, peneliti menyarankan untuk menggunakan Video YouTube sebagai media pembelajaran menulis teks naratif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Dra. Sri Surachmi W, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd.
Kata Kunci: Video, Writing Skills, Teaching Writing, Narrative Text
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jul 2023 20:02
Last Modified: 23 Jul 2023 20:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18789

Actions (login required)

View Item View Item