Representasi sedekah menurut quraish shihab dalam video “bersedekah dengan niat khusus, boleh?”: analisis semiotik roland barthes

WULANDARI, NOVITA (2023) Representasi sedekah menurut quraish shihab dalam video “bersedekah dengan niat khusus, boleh?”: analisis semiotik roland barthes. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan analisis semiotik Roland Barthes dalam video Najwa Shihab berjudul “Bersedekah dengan Niat Khusus, Boleh?”. (2) mendeskripsikan representasi sedekah dalam video Najwa Shihab berjudul “Bersedekah dengan Niat Khusus, Boleh?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tanda yang ada dalam video “Bersedekah dengan Niat Khusus, Boleh?”. Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) sumber data primer, yaitu buku yang berkaitan dengan semiotik, representasi, dan sedekah, (2) sumber data sekunder, yaitu jurnal, skripsi, prosiding, dan tesis. Teknik yang dilakukan dalam penelitian adalah teknik simak, libat, dan catat. Serta dalam proses menganalisis suatu data diperlukan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori semiotik Roland Barthes yang memiliki konsep bahwa tanda dibagi dalam tiga tingkatan makna, yaitu makna denotasi, konotasi, dan mitos. Data temuan dari hasil penelitian ini menampilkan beberapa tanda dan makna yang didapatkan dari tuturan Quraish Shihab tentang bersedekah dengan niat khusus, sedekah dalam pendidikan, dan keistimewaan sedekah. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat tujuh data yang telah dikelompokkan sesuai teori semiotik Roland Barthes yaitu makna denotasi, konotasi, dan mitos. Adapun makna mitos dari ketujuh data tersebut adalah agama Islam memperbolehkan sedekah dengan niat khusus yang tidak keluar dari aturan agama. makna konotasinya adalah sedekah harus didasari dengan niat yang baik agar mendapatkan ridho Allah. Makna mitosnya adalah niat seseorang dalam melakukan sesuatu menjadi penentu apakah ia melakukannya semata untuk mendapatkan ridho Allah atau tidak. (2) Representasi sedekah dalam video Najwa Shihab berjudul “Bersedekah dengan Niat Khusus, Boleh?” yaitu Quraish Shihab berpendapat bahwa sedekah erat kaitannya dengan amalan yang disukai oleh Allah dan boleh dilakukan dengan nniat khusus asalkan tidak keluar dari aturan agama. seseorang yang melakukan amalan sedekah dengan niat baik maka dikategorikan sebagai orang yang beriman, contohnya sedekah dalam pendidikan. Sehingga Allah dapat dengan mudah memberikan ridho-Nya dan manusia akan mendapatkan keistimewaan sedekah yaitu pahala yang dilipatgandakan, mendapatkan ketengan dunia dan akhirat, dan dapat menolak bala.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Ibu Dr. Luthfa Nugraheni, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Ibu Ristiyani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Representasi, Semiotik Roland Barthes, Sedekah, Video “Bersedekah dengan Niat Khusus, Boleh?
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) > Masyarakat, Komunitas
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jul 2023 20:39
Last Modified: 23 Aug 2023 20:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18794

Actions (login required)

View Item View Item