Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas v sdit al-hikmah mayong

Nilia, Vika (2023) Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas v sdit al-hikmah mayong. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Kesulitan belajar matematika yang sering dialami siswa yaitu kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDIT Al-Hikmah Mayong. Tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan dimana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya karena disebabkan faktor-faktor tertentu sehingga hasil yang dicapai tidak sesuai yang diharapkan. Soal cerita dianggap sebagai salah satu tugas yang sulit oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Soal cerita matematika merupakan bentuk pengaplikasian konsep dan keterampilan untuk memecahkan masalah tersebut. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dapat disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naratif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru dan siswa kelas V SDIT Al-Hikmah Mayong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model dari Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang dialami siswa kelas V SDIT Al-Hikmah yaitu kesulitan dalam menerapkan konsep, kesulitan dalam keterampilan aritmatika, dan kesulitan mengubah kalimat ke dalam bentuk model matematika. 2) faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika terdiri dari faktor dasar umum dan faktor dasar khusus. Faktor dasar umum meliputi minat siswa terhadap pembelajaran matematika masih rendah, motivasi belajar yang rendah, keterbatasan dalam penggunaan media pembelajaran, strategi pembelajaran yang kurang bervariasi, kesehatan tubuh kurang optimal, serta tingkat intelegensi siswa rendah, sedangkan faktor dasar khusus meliputi kurang memahami konsep, kurangnya keterampilan operasi aritmatika, serta kurangnya pemahaman dalam bahasa matematika. Penelitian ini hendaknya guru dalam pembelajaran matematika dapat menerapkan strategi pembelajaran yang lebih bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran serta didukung dengan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Selain itu, siswa hendaknya memperbanyak latihan soal khususnya pada soal cerita dan juga harus lebih teliti dalam mengerjakan soal sehingga kesulitan belajar dapat dikurangi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Deka Setiawan,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Imaniar Purbasari,M.Pd
Kata Kunci: Kesulitan Belajar Matematika, Soal Cerita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jul 2023 20:40
Last Modified: 23 Jul 2023 20:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18795

Actions (login required)

View Item View Item