Faisal Jauhari, Sinung (2023) Pengaruh model ctl berbantuan media aplikasi bimasgi untuk meningkatkan hasil belajar ppkn dan bahasa indonesia siswa kelas iii sdn 4 banyuputih. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (762kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (380kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (342kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKn dan Bahasa Indonesia, sehingga peneliti melakukan penelitian menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media aplikasi Bimasgi dalam proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan rata-rata hasil belajar PPKn dan Bahasa Indonesia siswa sebelum dan sesudah menggunakan model CTL berbantuan media aplikasi bimasgi dan menganalisis seberapa besar peningkatan hasil belajar PPKn dan Bahasa Indonesia siswa sesudah menggunakan model CTL berbantuan media aplikasi bimasgi Hasil belajar adalah suatu tolak ukur siswa dapat memahami suatu materi pembelajaran yakni hasil interaksi siswa dengan guru setelah melakukan proses pembelajaran. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning merupakan model pembelajaran yang mengaitkan konteks kehidupan siswa berupa konteks pribadi, sosial, dan kultural dengan bantuan Aplikasi Bimasgi yang merupakan suatu aplikasi pembelajaran berbasis android yang didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-postest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 4 Banyuputih, Kalinyamatan, Jepara. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran CTL berbantuan media aplikasi bimasgi, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PPKn dan Bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t terhadap hasil pretest dan posttest dan uji N-Gain untuk menetukan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan model pembelajaran CTL berbantuan media aplikasi bimasgi. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh hasil uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sedangkan hasil uji normalitas gain yaitu 0,6601 atau 66,01 % yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran CTL berbantuan media aplikasi bimasgi, (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL berbantuan media aplikasi bimasgi sebesar 66,01 %. Berdasarkan kesimpulan tersebut model pembelajaran CTL berbantuan media aplikasi bimasgi dapat meningkatkan hasil belajar PPKn dab Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 4 Banyuputih
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Ika Ari Pratiwi,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Siti Masfuah,M.Pd |
Kata Kunci: | Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Media Aplikasi, Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Aplikasi, , PPKn, |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 21:10 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 21:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18798 |
Actions (login required)
View Item |