Efektivitas model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan aplikasi retion apps terhadap pemahaman konsep matematis siswa

Ayu Aisyah, Rizky (2023) Efektivitas model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan aplikasi retion apps terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran secara langsung menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil ini dibuktikan dari hasil tes studi pendahuluan pada kelas VIII A di SMP 2 Jati, hanya ada 4 siswa dari 33 siswa yang memenuhi tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) menguji perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model Student Facilitator and Explaining berbantuan Retion Apps daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; 2) menguji kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Student Facilitator and Explaining berbantuan Retion Apps mencapai KKM; 3) Menguji perbedaan kemampuan pemahaman konsep sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Quasi Experimental. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas VIII A SMP 2 Jati dengan subjek penelitian 33 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta analisis data akhir yang meliputi uji t dua sampel independent, uji t satu sampel, dan uji paired sample t- test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model Student Facilitator and Explaining lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. 2) proporsi siswa yang tuntas KKM setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining berbantuan Retion Apps lebih baik dari 75% 3) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Student Facilitator and Explaining berbantuan Retion Apps. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Student Facilitator and Explaining berbantuan Retion Apps terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Sumaji,S.Pd.,M.Pd DOSEN PMBIMBING 2 :Savitri Wanabuliandari,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Model Student Facilitator and Explaining, Retion Apps, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Jul 2023 20:11
Last Modified: 24 Jul 2023 20:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18827

Actions (login required)

View Item View Item