Ayu Aisyah, Rizky (2023) Efektivitas model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan aplikasi retion apps terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (634kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (325kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (655kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (806kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (450kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran secara langsung menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil ini dibuktikan dari hasil tes studi pendahuluan pada kelas VIII A di SMP 2 Jati, hanya ada 4 siswa dari 33 siswa yang memenuhi tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) menguji perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model Student Facilitator and Explaining berbantuan Retion Apps daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; 2) menguji kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Student Facilitator and Explaining berbantuan Retion Apps mencapai KKM; 3) Menguji perbedaan kemampuan pemahaman konsep sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Quasi Experimental. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas VIII A SMP 2 Jati dengan subjek penelitian 33 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta analisis data akhir yang meliputi uji t dua sampel independent, uji t satu sampel, dan uji paired sample t- test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model Student Facilitator and Explaining lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. 2) proporsi siswa yang tuntas KKM setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining berbantuan Retion Apps lebih baik dari 75% 3) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Student Facilitator and Explaining berbantuan Retion Apps. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Student Facilitator and Explaining berbantuan Retion Apps terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Sumaji,S.Pd.,M.Pd DOSEN PMBIMBING 2 :Savitri Wanabuliandari,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Model Student Facilitator and Explaining, Retion Apps, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 20:11 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 20:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18827 |
Actions (login required)
View Item |