Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition (air) berbantuan aplikasi vectoper terhadap pemahaman konsep matematis siswa

Hayuning Pratiwi, Indriyanti (2023) Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition (air) berbantuan aplikasi vectoper terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika merupakan kemampuan yang mendasar dan penting yang harus dimiliki siswa, namun hal tersebut tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan, berdasarkan studi pendahuluan menunjukkan hanya 36,11% siswa yang tuntas sedangkan 63,88% belum tuntas. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran dan media yang dapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberikan model pembelajaran AIR berbantu aplikasi Vectoper dan model pembelajaran langsung, (2) untuk menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan aplikasi Vectoper memcapai KKTP 70. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMKN 1 Kalinyamatan Jepara semester genap tahun 2022/2023. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian yaitu posttest only. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Kalinyamatan dan sampelnya adalah siswa kelas X EI 1 dan EI 2 dengan teknik sampling adalah random sampling. Analisis data pada rumusan pertama menggunakan uji Independent Sample T-test, rumusan keduan menggunakan uji one sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran AIR berbantu aplikasi Vectoper lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, (2) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan aplikasi Vectoper mencapai KKTP 70. Simpulannya yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran AIR berbantu aplikasi Vectoper terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Saran dari penelitian ini adalah model pembelajaran AIR perlu dikembangkan dan diterapkan pada materi yang lain agar siswa mendapatkan pengetahuan yang baru dalam sistem pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Himmatul Ulya,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Henny Suryo Bintoro,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Auditory Intellectually Repetition (AIR); Aplikasi Vectoper; Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Jul 2023 20:23
Last Modified: 24 Jul 2023 20:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18828

Actions (login required)

View Item View Item