Hayuning Pratiwi, Indriyanti (2023) Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition (air) berbantuan aplikasi vectoper terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (479kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (149kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (217kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika merupakan kemampuan yang mendasar dan penting yang harus dimiliki siswa, namun hal tersebut tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan, berdasarkan studi pendahuluan menunjukkan hanya 36,11% siswa yang tuntas sedangkan 63,88% belum tuntas. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran dan media yang dapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberikan model pembelajaran AIR berbantu aplikasi Vectoper dan model pembelajaran langsung, (2) untuk menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan aplikasi Vectoper memcapai KKTP 70. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMKN 1 Kalinyamatan Jepara semester genap tahun 2022/2023. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian yaitu posttest only. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Kalinyamatan dan sampelnya adalah siswa kelas X EI 1 dan EI 2 dengan teknik sampling adalah random sampling. Analisis data pada rumusan pertama menggunakan uji Independent Sample T-test, rumusan keduan menggunakan uji one sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran AIR berbantu aplikasi Vectoper lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, (2) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan aplikasi Vectoper mencapai KKTP 70. Simpulannya yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran AIR berbantu aplikasi Vectoper terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Saran dari penelitian ini adalah model pembelajaran AIR perlu dikembangkan dan diterapkan pada materi yang lain agar siswa mendapatkan pengetahuan yang baru dalam sistem pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Himmatul Ulya,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Henny Suryo Bintoro,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Auditory Intellectually Repetition (AIR); Aplikasi Vectoper; Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 20:23 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 20:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18828 |
Actions (login required)
View Item |