Pengembangan media aplikasi nearpod untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v Sdn 2 blimbing kidul di masa Pandemi covid-19

Dian Pramesti, Anisa (2023) Pengembangan media aplikasi nearpod untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v Sdn 2 blimbing kidul di masa Pandemi covid-19. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (759kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa selama pembelajaran daring berlangsung. Kurangnya media pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa memahami materi pelajaran menjadi faktor penyebab penurunan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Blimbing Kidul pada materi Tema 1 (Organ Gerak Hewan dan Manusia) Subtema 2 (Manusia dan Lingkungan). Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan media aplikasi Nearpod yang berisi materi pelajaran, video pembelajaran, dan game. Pengembangan media aplikasi Nearpod diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Blimbing Kidul. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh peserta didik setelah melalui kegiatan belajar mengajar. Rendahnya minat belajar siswa dapat berpengaruh besar pada penurunan hasil belajar siswa. Aplikasi Nearpod merupakan salah satu trobosan yang dapat digunakan untuk mendongkrak minat belajar siswa sehingga dapat berpengaruh juga pada peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan teknik uji one group pretest and posttest. Subjek penelitian ini yaitu siswa Kelas V SDN 2 Blimbing Kidul yang berjumlah 11 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji N-Gain Score dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media aplikasi Nearpod sangat layak digunakan ditunjukan dengan presentase kelayakan media sebesar 77% dan kelayakan materi sebesar 88%. Pada uji N-Gain menunjukan hasil sebesar 0,5707 dengan kategori “sedang”. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu media aplikasi Nearpod dinyatakan layak dan efektif digunakan pada pembelajaran kelas V Tema 1 (Organ Gerak Hewan dan Manusia) Subtema 2 (Manusia dan Lingkungan).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Siti Masfu'ah,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Sekar Dwi Ardianti,M.Pd
Kata Kunci: Aplikasi Nearpod, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Jul 2023 21:06
Last Modified: 24 Jul 2023 21:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18834

Actions (login required)

View Item View Item