Dian Pramesti, Anisa (2023) Pengembangan media aplikasi nearpod untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v Sdn 2 blimbing kidul di masa Pandemi covid-19. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (759kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (391kB) | Preview |
Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (828kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (290kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (18MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa selama pembelajaran daring berlangsung. Kurangnya media pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa memahami materi pelajaran menjadi faktor penyebab penurunan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Blimbing Kidul pada materi Tema 1 (Organ Gerak Hewan dan Manusia) Subtema 2 (Manusia dan Lingkungan). Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan media aplikasi Nearpod yang berisi materi pelajaran, video pembelajaran, dan game. Pengembangan media aplikasi Nearpod diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Blimbing Kidul. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh peserta didik setelah melalui kegiatan belajar mengajar. Rendahnya minat belajar siswa dapat berpengaruh besar pada penurunan hasil belajar siswa. Aplikasi Nearpod merupakan salah satu trobosan yang dapat digunakan untuk mendongkrak minat belajar siswa sehingga dapat berpengaruh juga pada peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan teknik uji one group pretest and posttest. Subjek penelitian ini yaitu siswa Kelas V SDN 2 Blimbing Kidul yang berjumlah 11 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji N-Gain Score dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media aplikasi Nearpod sangat layak digunakan ditunjukan dengan presentase kelayakan media sebesar 77% dan kelayakan materi sebesar 88%. Pada uji N-Gain menunjukan hasil sebesar 0,5707 dengan kategori “sedang”. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu media aplikasi Nearpod dinyatakan layak dan efektif digunakan pada pembelajaran kelas V Tema 1 (Organ Gerak Hewan dan Manusia) Subtema 2 (Manusia dan Lingkungan).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Siti Masfu'ah,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Sekar Dwi Ardianti,M.Pd |
Kata Kunci: | Aplikasi Nearpod, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 21:06 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 21:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18834 |
Actions (login required)
View Item |