Milkhatun Nadiroh, Siti (2023) Implementasi pendidikan karakter berbasis budaya literasi di sdn 1 brantaksekarjati. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (209kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (259kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang implementasi pendidikan karakter berbasis budaya literasi di SDN 1 Brantaksekarjati. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui budaya literasi di sekolah, serta apa saja faktor yang mempengaruhi pelaksanaan budaya literasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui budaya literasi, tahapan guru dalam penerapan budaya literasi serta apa saja faktor yang mempengaruhi budaya literasi. Penelitian ini membahas tentang pendidikan karakter dan budaya literasi di sekolah. Pendidikan karakter merupakan usaha membentuk dan mendidik potensi siswa yang dilakukan secara konsisten agar menjadi kebiasaan yang melekat pada dirinya sehingga dapat membangun karakter pribadinya dengan baik. Budaya literasi bukan hanya kegiatan membaca, namun suatu aktivitas atau kegiatan untuk berpikir dan mengolah informasi agar terciptanya minat belajar pada anak dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif naratif. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SDN 1 Brantaksekarjati. Pada pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Keabsahan data pada penelitian menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada siswa dalam berliterasi diterapkan berdasarkan profil pelajar pancasila. Implementasi yang diterapkan guru dalam kegiatan budaya literasi ada 3 tahapan yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Pada faktor yang mempengaruhi kegiatan literasi ada faktor pendukung ialah sarana dan prasarana, bahan bacaan, pelibatan publik, waktu pelaksanaan, dan tim literasi. Faktor penghambat ialah tidak adanya ruang perpustakaan karena keterbatasan ruang sehingga perpustakaan digantikan dengan pojok baca di setiap kelas dan kesadaran siswa dalam berliterasi. Berdasarkan hasil penelitian, perlu peran serta seluruh warga sekolah dalam pelaksanaan kegiatan literasi dan mampu mengoptimalkan serta memanfaatkan sarana dan pra sarana literasi agar berjalan dengan baik. Dan diharapkan siswa mampu meningkatkan kesadaran akan berliterasi dan konsisten dalam pelaksanaan kegiatan literasi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Imaniar Purbasari,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Diana Ermawati,M.Pd |
Kata Kunci: | Pendidikan Karakter, Budaya Literasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 21:30 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 21:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18838 |
Actions (login required)
View Item |