Jemis Pramesti Putri Cahyani, Regita (2023) Pengaruh model pembelajaran realistic mathematic education melalui media google site terhadap Minat belajar di sd 3 margorejo. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (507kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (289kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (282kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalahan yang muncul di SD 3 Margorejo adalah rendahnya minat belajar siswa khusunya pada mata pelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education melalui google site terhadap minat belajar siswa, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education melalui media google site terhadap minat belajar siswa. Model Realistic Mathematics Education melalui google site merupakan model pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis teknologi. Kemudian, google site merupakan situs website yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dengan menambahkan berkas file dan games yang dapat dimainkan oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas III SDN 3 Margorejo dan 12 siswa SDN 1 Ternadi dengan menggunakan menggunakan teknik random sampling. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan model Nonequivalent Kontrol Group Design. Kemudian untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Serta menggunkan analisis data berupa uji validasi, uji normalitas data, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji t, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukan skor Independent Samples Test dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan rata-rata minat belajar siswa pada kelas kontrol (69) yang menggunakan pembelajaran Problem Solving dan kelas eksperimen (80) yang menggunakan model Realistic Mathematics Education melalui media google site. Sedangkan dari uji N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 57% dan kelas kontrol 28% yang dapat ditafsirkan bahwa penggunaan model Realistic Mathematics Education melalui media google site cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education melalui google site terhadap minat belajar siswa, dan (2) model Realistic Mathematics Education melalui media google site cukup efektif meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Imaniar Purbasari,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Diana Ermawati,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Realistic Mathematics Education, google site, minat belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 21:41 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 21:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18839 |
Actions (login required)
View Item |