Rizky Faradine, Maulina (2023) Peran guru dalam memotivasi belajar siswa (studi analisis pembelajaran pada siswa kelas v sdn sarirejo 03). Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (931kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (287kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (305kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Kesulitan guru dalam memotivasi siswa selama pembelajaran tatap muka, siswa menjadi kurang semangat, kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan siswa saat pembelajaran tatap muka merasa bosan, jenuh dan merasa ingin pulang ke rumah untuk bermain dengan teman-teman atau bermain handphone. Siswa merasa sudah nyaman dengan pembelajaran daring selama dua tahun, sehingga siswa merasa kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru, karena mengantungkan orang disekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam memotivasi belajar siswa. Peran guru merupakan orang yang bertanggung jawab pada keberlangsungan bidang pendidikan guru berperan sebagai pendidik, membimbing, memberi arahan, memberi penilaian, dan memberi evaluasi kepada siswa. Selama pandemi siswa kesulitan dalam pembelajaran, sehingga siswa merasa kurang motivasi dalam belajar, menyebabkan siswa malas belajar. Motivasi sendiri adalah dorongan yang timbul dari diri sendiri atau dari luar diri siswa secara sadar atau tidak sadar, adanya motivasi untuk melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di SDN Sarirejo 03. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam memotivasi belajar siswa di kelas V saat pembelajaran sudah baik. Pelaksanaan peran guru dalam memotivasi belajar siswa yaitu 1) guru sebagai fasilitator 2) guru sebagai motivator 3) guru sebagai pemacu 4) guru sebagai pemberi inspiransi. Untuk memotivasi siswa, guru memberikan pujian atau reward kepada siswa yang telah mengerjakan tugas dengan baik. Sebaliknya guru memberikan hukuman atau nasihat kata-kata positif kepada siswa yang mengabaikan tugas dan tanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat disampaikan simpulan kepada guru diharapkan dapat menjalankan perannya agar siswa termotivasi untuk belajar lagi. Siswa dapat meningkatkan motivasi belajarnya untuk terus mengikuti pembelajaran dan mencapai hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Wawan Shokib Rondli,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Lovika Ardana Riswari,M.Pd |
Kata Kunci: | Peran Guru, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 18:44 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 18:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18845 |
Actions (login required)
View Item |