'Adawiyyah, Robi'Atul (2023) Problematika rendahnya literasi di kelas ii Sd 3 rejosari pada era new normal. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (967kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (503kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (375kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh PISA (Programme for International Student Assesment) menunjukkan bahwa pada tahun 2018, Indonesia berada pada peringkat 74 dari 79 negara yang mengikuti survei, ditambah lagi pandemi yang berkepanjangan hingga menyebabkan Literacy Loss dan Learning Loss. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran literasi dan upaya peningkatan literasi di SD 3 Rejosari pada era new normal. Penelitian ini membahas mengenai problematika pembelajaran literasi serta bagaimana upaya guru dalam upaya mengatasi permasalahan literasi pada era new normal. Problematika sendiri merupakan sesuatu yang menimbulkan perdebatan yang membutuhkan penyelesaian. Literasi merupakan sebuah kecakapan menggunakan serta menyatakan informasi melalui membaca, menulis, mendengarkan, berbicara, melihat, berhitung, serta berpikir kritis. Era new normal merupakan era baru yang muncul sebagai dampak atas adanya pandemi COVID-19. Peneliti menggunakan metode kualitatif studi kasus sebagai tahapan dalam penelitiannya. Penelitian dilaksanakan di SD 3 Rejosari Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Subjek penelitian diambil dari guru dan peserta didik kelas 2 SD 3 Rejosari. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini melalui tahap wawancara, observasi, dokumentasi, serta pencataan. Teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran literasi seperti Peserta didik sulit konsentrasi pada pembelajaran, peserta didik kurang memiliki kesiapan belajar, peserta didik kurang memiliki kemampuan pemahaman terhadap bacaan. Beberapa upaya mengatasi permasalahan literasi seperti pengklasifikasian kemampuan literasi peserta didik, pemberian perlakuan sesuai kemampuan peserta didik, menambah bahan bacaan peserta didik, menciptakan ruang kelas yang ramah literasi serta membuat jurnal baca harian peserta didik. Berdasarkan penelitian ini, upaya mengatasi permasalahan literasi peserta didik berbeda, harus berdasarkan kelebihan dan kelemahan masing-masing yang sebelumnya sudah diklasifikasikan. Upaya mengatasi permasalahan literasi hendaknya upaya peningkatan literasi dilakukan melibatkan pihak sekolah, serta orang tua agar upaya peningkatan literasi dapat berjalan sesuai dengan harapan dan tujuan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Diana Ermawati,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Much Arsyad Wardani,M.Pd |
Kata Kunci: | Problematika, Literasi, Era New Normal |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 19:06 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 19:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18847 |
Actions (login required)
View Item |