Nur Fauzi, Ahmad (2023) Efektivitas model mind mapping dan think talk write berbantuan media video stop motion terhadap kemampuan menulis karangan narasi Siswa kelas v madrasah ibtidaiyah. Master thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (648kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (166kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (228kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Sebagian besar siswa SD/MI mengalamai kesulitan dalam menulis dikarenakan guru menggunakan model konvensional dan tidak ada penggunaann media. Model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model mind mapping dan model think talk write. Agar siswa merasa tertarik dibutuhkan media pembelajaran, salah satunya media video stop motion. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan penggunaan model mind mapping dan model think talk write berbantuan media video stop motion dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Model mind mappig merupakan sebuah metode pembelajaran dengan cara mencatat kreatif. Model think talk write adalah model pembelajaran yang diawali dengan berpikir (think) dilanjutkan dengan berdiskusi (talk) dan dari hasil diskusi disimpulkan dalam bentuk tulisan atau presentasi (write). Selain model pembelajaran, media sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran. Media yang bisa digunakan adalah media video stop motion. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True-Experimental Design. Ciri utama dari True-Experimental Design adalah sampel yang digunakan untuk eksperimen maupun sebagai kelas kontrol diambil secara acak (random) dari populasi tersebut. Penelitian ini menggunakan satu kelas kontrol dan dua kelas eksperimen. Hasil penelitian menunujukan bahwa penggunaan model mind mapping berbantuan media video stop motion lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dari uji-t menunjuan 3,361 > 1,998. Sementara pada penggunaan model think talk write berbantuan media video stop motion lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berdasarkan uji-t menunjukan 4,178 > 1,998. Tidak ditemukannya perbedaan signifikan antara model mind mapping dengan model think talk write berbantuan media video stop motion. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t sebesar 0,465 < 1,998. Penggunaan model pembelajaran sangat berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran mind mapping dan think talk write berbantuan media video stop motion lebih efektif digunakan dalam kemampuan menulis karangan narasi daripada penggunaan metode konvensional. Namun untuk kedua model ini bila dibandingkan maka tidak terlalu ada perbedaan, karena kedua model ini sama-sama membuat siswa menjadi aktif dan kreatif, baik dari pembuatan catatan dan cara berinteraksi dengan sesama.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Irfai Fathurohman,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Drs.Mohammad Kanzunnudin,M.Pd |
Kata Kunci: | Mind Mapping, Think Talk Write, Media Video Strop Motion, Menulis Karangan Narasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 19:18 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 19:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18848 |
Actions (login required)
View Item |