Pengembangan e-modul based local wisdom sebagai bahan ajar untuk meningkatkan Minat belajar dan hasil belajar siswa kelas v tema 1 sdn 1 mangin

Kumalasari, Novita (2023) Pengembangan e-modul based local wisdom sebagai bahan ajar untuk meningkatkan Minat belajar dan hasil belajar siswa kelas v tema 1 sdn 1 mangin. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (716kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang monoton kurang variatifnya bahan ajar yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat menyebabkan rendahnya minat belajar siswa yang berpengaruh padahasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan bahan ajar yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul based local wisdom, Menguji validitas bahan ajar e-modul based local wisdom, dan menguji peningkatan minat dan hasil belajar siswa di SDN 1 Mangin menggunakan bahan ajar e-modul based local wisdom yang diharapkan dapat mempermudah siswa memahami materi IPA dan Bahasa Indonesia, Tema 1, Subtema 2. Dengan adanya minat dalam diri siswa dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa yang meningkat sehingga dapat tercapainya suatu pembelajaran. Hasil belajar merupakan suatu kemampuan yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan bahan ajar e-modul interaktif ini akan menambah minat belajar siswa untuk belajar, sehingga siswa dapat lebih memahami materi sehingga berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan teknik uji one grup pretest and posttest design. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 1 Mangin, Karangrayung, Grobogan dengan 12 siswa sebagai subjek uji coba. Untuk analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji Normalitas, uji independent sampel t Test untuk uji N-Gain Score dengan SPSS. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa bahan ajar e-modul based local wisdom sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil presentase kelayakan bahan ajar yang diperoleh sebesar 81% dan hasil kelayakan materi sebesar 88%. Berdasarkan hasil keefektifan bahan ajar memperoleh hasil uji t tes dengan sig (2-tailed) sbesar 0,000 ˂ 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest siswa. Pada uji N-Gain jika dilihat dari kategori pembagian N-Gain score diperoleh hasil sebesar 0,5767 yang menyatakan bahwa memiliki keefektivitasan dengan kategori “Sedang”, jika dilihat dari kategori tafsir keefetivitasan N-Gain score berdasarkan nilai yang diproleh sebesar 57,6725 meunjukkan keektivitasan dengan kategori “Cukup Efektif. Sedangkan minat belajar siswa diktegorikan “Baik” dengan skor 77,3. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul based local wisdom dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran kelas V Tema 1 (Organ gerak hewan dan manusia) subtema 2 (Manusia dan Lingkungan).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Irfai Fathurohman,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Fina Fakhriyah,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: E-modul, Local Wisdom, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jul 2023 19:29
Last Modified: 26 Jul 2023 19:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18850

Actions (login required)

View Item View Item