Disfemisme pada komentar akun instagram mata najwa

Firmansyah, Aditya (2023) Disfemisme pada komentar akun instagram mata najwa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
hal judul.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk disfemisme pada komentar akun Instagram Mata Najwa melalui kajian teori Wijana dan Rohmadi (2) menganalisis fungsi pemakaian disfemisme pada komentar akun Instagram Mata Najwa melalui kajian teori Laili. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang terdapat dalam penelitian ini berupa penggalan wacana pada komentar akun instagram Mata Najwa. Sedangkan sumber datanya adalah komentar pada akun instagram Mata Najwa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunaan teknik (SBLC) simak bebas libat cakap. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat temuan bentuk disfemisme dan fungsi disfemisme. Bentuk-bentuk disfemisme pada komentar akun instagram Mata Najwa terdapat 47 data diantaranya adalah pengasaran atau makian berbentuk kata (31), pengasaran atau makian berbentuk frasa (13), dan pengasaran atau makian berbentuk klausa (3). Sedangkan fungsi disfemisme pada komentar akun instagram Mata Najwa terdapat temuan 54 data yang terbagi menjadi 11 fungsi yaitu yaitu mengungkapkan kamarahan atau kejengkelan (9), mengkritik (8), menyindir (2), menuduh atau menyalahkan (5), menyampaikan informasi (4), menghina mengejek dan mempertajam penghinaan (6), menunjukkan ketidaksetujuan (2), menunjukkan rasa tidak suka (13), melebih-lebihkan (2), menunjukkan bukti (3). Saran yang berkaitan dengan penelitian ini (1) bagi mahasiswa, penelitian tentang disfemisme yang masuk dalam bidang kajian semantik sangat penting untuk dianalisis dikarenakan seiringnya era zaman modern seperti sekarang yang menjadikan banyak bahasa baru yang bermunculan dan berkembang di masayarakat pasti tidak sedikit juga bahasa tersebut mengandung disfsemisme yang biasa digunakan untuk komunikasi tiap hari khususnya di media sosial. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar penelitian sejenis lebih rinci agar masyarakat tahu apa itu disfemisme dalam bahasa Indonesia. (2) bagi pembaca diharapkan mampu memahami teori bentuk disfemime Wijana dan Rohmadi dan teori fungsi disfemisme Laili. Analisis tersebut masih bersinggungan dengan bidang kajian semantik dan pragmatik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Ristiyani, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Mila Roysa, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Disfemisme, Komentar, Pragmatik, Semantik.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) > Masyarakat, Komunitas
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jul 2023 20:09
Last Modified: 23 Aug 2023 19:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18851

Actions (login required)

View Item View Item