Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran make a match materi pecahan bagi siswa kelas v di sd negeri boloagung 02 pati

Devi Lestari, Sinta (2023) Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran make a match materi pecahan bagi siswa kelas v di sd negeri boloagung 02 pati. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis merupakan berpikir secara mendalam dan mampu menyatakan pendapat dari pemikirannya. Tujuan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pecahan; penerapan keterampilan guru dalam menerapkan model make a match pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri Boloagung 02 Pati. Make a Match adalah suatu model pembelajaran secara kelompok yang menuntut siswa untuk aktif dan bekerjasama dengan teman satu kelompoknya untuk megembangkan kemampuan yang dimiliki. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model Make a Match dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SD Negeri Boloagung 02 Pati. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas V SD Negeri Boloagung 02 dengan subjek 28 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model Make a Match, pada siklus I diperoleh nilai 72,0 dengan presentase sebesar 72% dan siswa tuntas sebanyak 68%. Peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis di siklus II diperoleh nilai 83,04 dengan presentase sebesar 83% dan diperoleh persentase siswa ketuntasan sebesar 89%. Hasil keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 40,5 dengan presentase 81%, dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 46 dengan presentase 92%. Penerapan model Make a Match pada materi pecahan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan mengajar guru. Oleh karena itu, dalam pembelajaran disarankan guru menggunakan model Make a Match dengan maksimal agar siswa lebih bersemangat, berantusias, dan berperan aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Khamdun,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Lovika Ardana Riswari,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Make a Match
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jul 2023 19:51
Last Modified: 26 Jul 2023 19:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18853

Actions (login required)

View Item View Item