Penerapan model pbl berbantu papan madu (media sudut) Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi sudut siswa kelas iv sd

Ragil Setyawan, Nanda (2023) Penerapan model pbl berbantu papan madu (media sudut) Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi sudut siswa kelas iv sd. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL (2).pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD Negeri Medini 2. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis melampaui model pembelajaran PBL berbantu papan madu pada pembelajaran matematika dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pembelajaran matematika dalam penerapan model pembelajaran PBL berbantu papan madu pada pembelajaran matematika di kelas IV di SD Negeri Medini 2. Model PBL adalah suatu metode pembelajaran berbasis masalah yang nyata dimana siswa harus belajar berpikir kritis dan mempunyai keterampilan memecahkan masalah dan serta memperoleh ilmu pengetahuan baru. Papan madu media pembelajaran untuk mempermudah pembelajaran yang dibuat khusus menentukan besaran sudut oleh jarum jam (panjang dan pendek). Berpikir kritis adalah sebuah proses dimana siswa dapat menganalisis dan mengevaluasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri Medini 2 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dengan ditunjukkan peningkatan rata-rata presentase 75% pada siklus I dan 81% pada siklus II. Kemudian kemampuan berpikir kritis matematis dinyatakan berhasil dan meningkat dimana hasil tes akhir Siklus I memperoleh nilai rata-rata 71, dan pada Siklus II meningkat dengan mendapatkan nilai rata-rata 79. Dan, pada ketuntasan klasikal pada Siklus I memperoleh hasil 65%, mengalami peningkatan pada Siklus II yang memperoleh hasil 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantu papan madu dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SD Negeri Medini 2.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Savitri Wanabuliandari,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Diana Ermawati,M.Pd
Kata Kunci: PBL, Papan madu, Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jul 2023 20:37
Last Modified: 26 Jul 2023 20:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18859

Actions (login required)

View Item View Item