SETIYANA, TRI (2023) Pengembangan media card vocabulary english gusjigang dalam pembelajaran menulis kosakata bahasa inggris untuk siswa kelas iv sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (649kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (210kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (260kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkan hasil wawancara bersama guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SD 02 Padurenan pada tanggal 22 Oktober 2022, pembelajaran Bahasa Inggris hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga pembelajaran belum sepenuhnya efektif. Penggunaan media pembelajaran hanya media sederhana dan masih jarang digunakan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana media pembelajaran yang menarik untuk membantu pembelajaran kosakata bahasa inggris tanpa mengakibatkan pergeseran budaya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran, mengembangkan dan menguji kelayakan media card vocabulary English Gusjigang dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Media pembelajaran adalah alat yang membawa data atau informasi dari sumber belajar bertujuan untuk efektivitas dan mempermudah proses pembelajaran dari guru ke siswa. Media kartu dapat diartikan sebagai media visual yang berisikan gambar dan kata-kata yang memuat materi pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pengetahuan tentang kosakata adalah kunci dalam mempelajari Bahasa Inggris. Kearifan lokal Gusjigang berasal dari kata Gus yang berarti bagus atau berperilaku baik, -ji- yang berarti mengaji, dan -gang yang berarti berdagang atau berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Prosedur pengembangan bersifat deskriptif dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Padurenan. Jenis data terbagi menjadi dua yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari wawancara, data tes, catatan di lapangan dan angket. Hasil penelitian berupa kurangnya ketersediaan media pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif yang berdampak pada kemampuan belajar siswa, oleh karena itu di kembangkan media pembelajaran pada penelitian ini berupa media card vocabulary English Gusjigang. Media ini merupakan media kartu yang terdiri dari kartu gambar dan kartu kata dengan mengintegrasi kearifan lokal Gusjigang berupa gambar ikon kota Kudus. Materi pembelajaran dalam media yaitu Daily Activities mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV SD semester 2. Setelah produk media selesai dikembangkan kemudian di uji coba validitas tim ahli. Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa media card vocabulary English Gusjigang mempunyai kelayakan yang sangat layak menurut ahli media mendapatkan persentase 100% dan 91% serta ahli materi 92% dan 78%. Keefektifan media diukur dengan uji coba produk yang dilakukan dengan uji pretest-postest dengan model one group pretest-posttest. Uji n-gain mendapatkan score 0,83 atau 83%, sehingga media card vocabulary English Gusjigang tergolong efektif untuk digunakan. Pengembangan media card vocabulary English Gusjigang pada pembelajaran menulis kosakata Bahasa Inggris untuk siswa kelas IV sekolah dasar layak digunakan dalam proses belajar mengajar dan efektif meningkatkan kemampuan belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd.,M.A DOSEN PEMBIMBING II : Diana Ermawati., M.Pd |
Kata Kunci: | Card Vocabulary Gusjigang; Kosakata Bahasa Inggris; Media Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 21:34 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 21:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18866 |
Actions (login required)
View Item |