Pola asuh orang tua dalam penggunaan smartphone pada anak sekolah dasar (studi kasus pada anak usia sekolah dasar di desa ngaluran kecamatan karanganyar Kabupaten demak)

ALWIE, FAHMI NAUFAL (2023) Pola asuh orang tua dalam penggunaan smartphone pada anak sekolah dasar (studi kasus pada anak usia sekolah dasar di desa ngaluran kecamatan karanganyar Kabupaten demak). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pola asuh orang tua terhadap penggunaan Smartphone pada anak usia Sekola Dasar di Desa Ngaluran Rt04 Rw02. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana bentuk Pola Asuh yang diterapkan Orang Tua pada Anak di Desa Ngaluran dan peran Pola Asuh Orang Tua terhadap Penggunaan Smartphone pada Anak Usia Sekolah Dasar. Penelitian ini membahas tentang pola asuh dan implikasinya terhadap penggunaan Smartphone. Pola asuh merupakan perilaku orang tua dalam mengurus, membimbing dan mendidik anak yang nantinya berguna untuk aspek tumbuh kembang anak. Terdapat empat jenis pola asuh meliputi pola asuh otoriter, demokratrif, permisif dan penelantaran. Sedangkan Smartphone adalah salah satu alat komunikasi yang sering dipakai saat ini, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, dan bahkan orang tua sekali pun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif penelitian ini dilaksanakan di Desa Ngaluran Rt04 Rw02 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak, dengan mengambil subjek orang tua sebanyak 4 orang dan anak sebagai subjek penelitian yang berjumlah 4 anak terdiri dari 3 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk pola asuh orang tua pada anak di Desa Ngaluran Rt04 Rw02 rata-rata menggunakan bentuk pola asuh demokratis. Bentuk pola asuh demokratis bisa memberikan dampak positif terhadap penggunaan Smartphone pada anak seperti memudahkan komunikasi, memberikan pengetahuan tambahan, dan memperluas jaringan pertemanan. Peneliti juga mendapati bentuk pola asuh orang tua yang lain, yaitu pola asuh permisif. Bentuk pola asuh permisif yaitu orang tua mengutamakan kebebasan terhadap anak untuk membuat suatu pilihan, tidak terlalu banyak pengawasan pada anak untuk melakukan apa yang dia inginkan. Dalam penelitian ini peneliti memilih 4 anak untuk menjadi subjek penelitian, dari keempat anak tersebut 3 anak mendapatkan bentuk pola pengasuhan secara demokratis, sedangkan untuk 1 anak yang lain mendapat bentuk pola pengasuhan secara permisif. Anak yang mendapatkan bentuk pola pengasuhan secara permisif ini memiliki perbedaan pada anak yang mendapatkan pola pengasuhan secara demokratis dari orang tua.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A
Kata Kunci: Pola Asuh, Smartphone.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jul 2023 23:54
Last Modified: 26 Jul 2023 23:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18875

Actions (login required)

View Item View Item