Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv pada soal cerita materi pecahan

SAGITA, DHESTRIANA KHAREN (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv pada soal cerita materi pecahan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN Plukaran 01. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan siswa sering mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Pemecahan masalah matematis merupakan proses kemampuan individu dalam menganalisis atau menafsirkan masalah guna menemukan solusi penyelesaian dari masalah tersebut. Soal cerita adalah soal matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan dalam penyelesaiannya menggunakan kalimat matematika yang memuat bilangan operasi hitung. Pecahan adalah suatu bilangan yang dapat ditulis melalui pasangan terurut dari bilangan cacah a/b , dimana ≠0. Pada penelitian ini menggunakan tahapan pemecahan masalah Teori Polya yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan pemecahan, (3) melaksanakan rencana pemecahan, (4) memeriksa kembali pemecahan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Plukaran 01 yang beralamat di Desa Plukaran RT 02 RW 02 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati, dengan mengambil subjek siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SDN Plukaran 01 berdasarkan Teori Polya menunjukan bahwa siswa yang memenuhi tahapan memahami masalah termasuk dalam kategori sangat tinggi. Menyusun rencana penyelesaian termasuk dalam kategori tinggi. Melaksanakan rencana yang telah disusun termasuk dalam kategori sedang. Memeriksa kembali jawaban yang telah ditemukan termasuk dalam kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa konsep pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN Plukaran 01 berdasarkan prosedur Polya dikatakan kategori sedang. Penelitian ini hendaknya guru membantu siswa dalam pembelajaran matematika yang membutuhkan penerapan pemecahan masalah lebih mendalam yaitu dengan memberikan perhatian lebih kepada siswa ketika proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Diana Ermawati, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Lovika Ardana Riswari, M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita Matematika, Materi Pecahan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jul 2023 00:02
Last Modified: 27 Jul 2023 00:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18876

Actions (login required)

View Item View Item