SAGITA, DHESTRIANA KHAREN (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv pada soal cerita materi pecahan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (131kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (44kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN Plukaran 01. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan siswa sering mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Pemecahan masalah matematis merupakan proses kemampuan individu dalam menganalisis atau menafsirkan masalah guna menemukan solusi penyelesaian dari masalah tersebut. Soal cerita adalah soal matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan dalam penyelesaiannya menggunakan kalimat matematika yang memuat bilangan operasi hitung. Pecahan adalah suatu bilangan yang dapat ditulis melalui pasangan terurut dari bilangan cacah a/b , dimana ≠0. Pada penelitian ini menggunakan tahapan pemecahan masalah Teori Polya yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan pemecahan, (3) melaksanakan rencana pemecahan, (4) memeriksa kembali pemecahan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Plukaran 01 yang beralamat di Desa Plukaran RT 02 RW 02 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati, dengan mengambil subjek siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SDN Plukaran 01 berdasarkan Teori Polya menunjukan bahwa siswa yang memenuhi tahapan memahami masalah termasuk dalam kategori sangat tinggi. Menyusun rencana penyelesaian termasuk dalam kategori tinggi. Melaksanakan rencana yang telah disusun termasuk dalam kategori sedang. Memeriksa kembali jawaban yang telah ditemukan termasuk dalam kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa konsep pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN Plukaran 01 berdasarkan prosedur Polya dikatakan kategori sedang. Penelitian ini hendaknya guru membantu siswa dalam pembelajaran matematika yang membutuhkan penerapan pemecahan masalah lebih mendalam yaitu dengan memberikan perhatian lebih kepada siswa ketika proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Diana Ermawati, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Lovika Ardana Riswari, M.Pd |
Kata Kunci: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita Matematika, Materi Pecahan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 00:02 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 00:02 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18876 |
Actions (login required)
View Item |