Ayu Apriliyana, Dyah (2023) Analisis pemahaman konsep matematika siswa kelas v sd negeri pekalongan pada materi bangun ruang. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (416kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (219kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (260kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Matematika materi bangun ruang (Kubus dan Balok) yang sangat beragam. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDN Pekalongan pada materi bangun ruang. Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan penguasaan memahami suatu konsep pada materi matematika oleh siswa sebagai bukti keberhasilan setelah menerima pengalaman belajar. Ketika mempelajari matematika, konsep matematika harus dipahami agar dapat dengan mudah memahami materi yang diterima dan menyelesaikan soal-soal yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas V SDN Pekalongan dengan subjek penelitian yaitu rencananya akan melibatkan 6 responden yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan subjek prosedur snowball dengan kriteria yang dipilih meliputi 3 siswa yang memiliki nilai tertinggi dan 3 siswa yang memiliki nilai terendah berdasarkan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi soal matematika. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan cara mereduksi data, lalu menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketercapaian keenam subjek penelitian terhadap pemahaman konsep matematika materi bangun ruang berbeda-beda. Pada indikator pertama, 5 dari 6 siswa memiliki ketercapaian menyatakan pemahaman konsep. Pada indikator kedua, hanya 1 dari 6 siswa mengklasifikasi sebuah objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya. Pada indikator ketiga, 3 dari 6 siswa mampu memberi contoh dan noncontoh dari sebuah konsep konsepnya. Pada indikator keempat, 4 dari 6 siswa mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis konsepnya. Pada indikator kelima, 3 dari 6 siswa mampu mengembangkan syarat perlu dari suatu konsep konsepnya. Pada indikator keenam, 4 dari 6 siswa mampu menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu konsepnya. Dan, pada indikator ketujuh mampu mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah konsepnya. Kesimpulan yang dapat diambil adalah dari ketujuh indikator pemahaman konsep matematika menunjukan bahwa indikator pertama yaitu menyatakan ulang sebuah konsep merupakan pemahaman konsep yang paling baik dikuasai oleh siswa. Sementara, indikator pemahaman kedua merupakan yang paling kurang dikuasai oleh siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Siti Masfuah,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Lovika Ardana Riswari,M.Pd |
Kata Kunci: | Pemahaman Konsep, Matematika, Bangun Ruang |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 18:27 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 18:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18879 |
Actions (login required)
View Item |