Kemal Firdaus, Muhammad (2023) Pembelajaran berbasis budaya pada sd segugus ahmad yani di kota kudus. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (779kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (262kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (250kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (28MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pembelajaran berbasis budaya, bentuk pembelajaran berbasis budaya yang di terapkan dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran berbasis budaya pada SD Segugus Ahmad Yani di Kota Kudus. Penelitian ini membahas tentang bentuk, strategi, implementasi, dan faktor yang mempengaruhi pada pembelajaran berbasis budaya pada SD Segugus Ahmad Yani di Kota Kudus. Pembelajaran berbasis budaya merupakan strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengistegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran. Pembelajaran berbasis budaya dilandaskan pada pengakuan terhadap budaya sebagai bagian yang fundamental bagi pendidikan, ekspresi dan komunikasi suatu gagasan, dan perkembangan pengetahuan. Penelitian ini akan memperdalam bagaimana pembelajaran berbasis budaya pada SD Segugus Ahmad Yani di Kota Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini akan dilakukan di SD Segugus Ahmad Yani yang terletak di Kota Kudus pada Desa Demangan dan Purwosari. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara tak terstruktur, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis budaya yang di terapkan di SD Segugus Ahmad Yani pada Kota Kudus ini dalam bentuk Kurikuler yaitu dengan mengkaitkan budaya dengan mata pelajaran IPS, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan SBdP. Lalu pada Ekstrakurikuler yaitu seni tari, seni rupa, seni vokal, seni rebana, BTQ, dan drum band. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran berbasis budaya antara lain pada faktor Internal yaitu kurangnya wawasan siswa terhadap budaya lokal, untuk faktor Eksternalnya antara lain kurangnya pengajar ekstrakurikuler, kurangnya dukungan penuh dari orang tua, minimnya dana sekolah dan waktu dalam kegiatan ekstrakurikuler yang kurang efektif. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa SD Segugus Ahmad Yani di Kota Kudus sudah menerapkan pembelajaran berbasis budaya yang bentuknya antara lain dalam kegiatan dan ekstrakurikuler. faktor yang mempengaruhi pembelajaran berbasis budaya yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Saran saya adalah guru dapat memaksimalkan media dan sumber belajar agar pembelajaran berbasis budaya bisa terlaksana dengan maksimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Nur Fajrie,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Imaniar Purbasari,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Bentuk Pembelajaran Berbasis Budaya, Pembelajaran Kebudayaan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 18:55 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 18:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18882 |
Actions (login required)
View Item |