Analisis tugas mandiri siswa sekolah dasar Sd n 2 rendeng kecamatan kota Kabupaten kudus

Noor Wijayanto, Muhammad (2023) Analisis tugas mandiri siswa sekolah dasar Sd n 2 rendeng kecamatan kota Kabupaten kudus. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (817kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tugas mandiri siswa sekolah dasar. Analisis yang dilakukan yaitu menganalisis bentuk tugas mandiri siswa kelas V di SD N 2 Rendeng Kudus dilihat dari konsep teori belajar. Selain itu, untuk menganalisis proses siswa mengerjakan tugas mandiri yang diberikan oleh guru di SD N 2 Rendeng Kudus dilihat dari konsep teori belajar. Tugas mandiri adalah penilaian untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi. Bentuk tugas mandiri ada tugas mandiri terstruktur dan ada yang tidak terstruktur. Proses pengerjaan tugas mandiri sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yaitu kelompok dan individu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data melalui analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan memberikan kesimpulan. Hasil penelitian melalui analisis data menunjukkan bahwa tugas siswa di SD N 2 Rendeng dilakukan dengan memberi tugas melalui LKS/modul, hal ini sering dilakukan guru setelah penjelasan materi pembelajaran dengan tujuan menguji pemahaman siswa sehingga dikategorikan sebagai tugas terstruktur. Tugas proyek juga diberikan tetapi menyesuaikan dengan materi yang membututuhkan hasil karya siswa contohnya pelajaran SBdP, namun hal tersebut tidak banyak dilakukan karena membutuhkan waktu yang lama sehingga dikategorikan sebagai tugas tidak terstruktur. Proses siswa dalam mengerjakan tugas mandiri dilakukan dengan LKS atau lembar soal masing-masing yang diberikan di akhir pembelajaran dan bersifat sering untuk melatih kemampuan individu siswa. Apabila ada materi pelajaran yang membutuhkan diskusi guru membagi siswa dalam kelompok berdasarkan gender, namun hal ini tidak banyak dilakukan karena disesuaikan dengan materi yang sedang dibahas. Dapat disimpulkan bahwa bentuk tugas mandiri di SD N 2 Rendeng dilakukan dengan tugas terstruktur dan proses siswa dalam mengerjakan tugas mandiri tersebut dilakukan dengan tugas individu.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Sri Utaminingsih,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Much Arsyad Fardani,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Tugas Mandiri, Siswa, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jul 2023 19:06
Last Modified: 27 Jul 2023 19:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18885

Actions (login required)

View Item View Item