Noor Wijayanto, Muhammad (2023) Analisis tugas mandiri siswa sekolah dasar Sd n 2 rendeng kecamatan kota Kabupaten kudus. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (817kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (429kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (580kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tugas mandiri siswa sekolah dasar. Analisis yang dilakukan yaitu menganalisis bentuk tugas mandiri siswa kelas V di SD N 2 Rendeng Kudus dilihat dari konsep teori belajar. Selain itu, untuk menganalisis proses siswa mengerjakan tugas mandiri yang diberikan oleh guru di SD N 2 Rendeng Kudus dilihat dari konsep teori belajar. Tugas mandiri adalah penilaian untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi. Bentuk tugas mandiri ada tugas mandiri terstruktur dan ada yang tidak terstruktur. Proses pengerjaan tugas mandiri sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yaitu kelompok dan individu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data melalui analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan memberikan kesimpulan. Hasil penelitian melalui analisis data menunjukkan bahwa tugas siswa di SD N 2 Rendeng dilakukan dengan memberi tugas melalui LKS/modul, hal ini sering dilakukan guru setelah penjelasan materi pembelajaran dengan tujuan menguji pemahaman siswa sehingga dikategorikan sebagai tugas terstruktur. Tugas proyek juga diberikan tetapi menyesuaikan dengan materi yang membututuhkan hasil karya siswa contohnya pelajaran SBdP, namun hal tersebut tidak banyak dilakukan karena membutuhkan waktu yang lama sehingga dikategorikan sebagai tugas tidak terstruktur. Proses siswa dalam mengerjakan tugas mandiri dilakukan dengan LKS atau lembar soal masing-masing yang diberikan di akhir pembelajaran dan bersifat sering untuk melatih kemampuan individu siswa. Apabila ada materi pelajaran yang membutuhkan diskusi guru membagi siswa dalam kelompok berdasarkan gender, namun hal ini tidak banyak dilakukan karena disesuaikan dengan materi yang sedang dibahas. Dapat disimpulkan bahwa bentuk tugas mandiri di SD N 2 Rendeng dilakukan dengan tugas terstruktur dan proses siswa dalam mengerjakan tugas mandiri tersebut dilakukan dengan tugas individu.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Sri Utaminingsih,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Much Arsyad Fardani,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Tugas Mandiri, Siswa, Sekolah Dasar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 19:06 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 19:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18885 |
Actions (login required)
View Item |