Pengaruh model think pair share berbantuan media pizza pecahan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas iii sd 5 klaling kudus

MALINDA, SHEILA (2023) Pengaruh model think pair share berbantuan media pizza pecahan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas iii sd 5 klaling kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (806kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (701kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN 5 Klaling. Terdapat rendahnya nilai rata-rata kemampuan pemevahan masalah siswa, dengan nilai rata-rata yaitu 58,71. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar, dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan Think Pair Share berbantuan Pizza Pecahan pada mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui adakah perbedaan rata-rata dan peningkatan model Think Pair Share berbantuan Pizza pecahan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pecahan sederhana di kelas III SDN 5 Klaling Kudus. Pada penelitian ini menggunakan model Think Pair Share berbantuan media pizza pecahan. Fungsi dari model Think Pair Share yaitu mengembangkan pola interaksi antar siswa. Sedangkan media pizza pecahan yaitu berfungsi untuk memberikan pemahaman kepada siswa agar terbantuk menyelesaikan penyelesaian permasalahan siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif Pre-Eksperimental Design ini akan dilaksanakan di kelas III SD 5 Klaling Kudus dengan subjek penelitian 34 siswa. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis awal menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Analisis data akhir menggunakan statistik paired sampel T-test dan N¬-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pada hipotesis pertama yaitu rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada saat posttest yaitu setelah mendapatkan perlakuan menggunakan model Think Pair Share berbantuan media pizza pecahan menunjukkan nilai siswa lebih baik dari pada nilai pretest sebelum mendapatkan perlakuan. Teknik analiss menggunakan uji t (Paired Sample t-Test) hasil yang didapat menunjukkan thitung 12,699 dengan signifikansi 0,00. Dikatakan signifikansi jika (n < 0,05), hal ini menunjukkan bahwa n = 0,00 berarti n lebih kecil daripada signifikansi 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan (pretest) dengan rata-rata nilai setelah perlakuan (post-test). Hasil nilai N-Gain yaitu 0,49 menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran penggunakan model Think Pair Share berbantuan media pizza pecahan mencapai kriteria sedang. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu rata-rata pada penelitian ini mengalami perbedaan setelah mengikuti proses pembelajaran dan mengalami peningkatan sebesar 0,5 mencapai kriteria sedang setelah mengikuti proses pembelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Denni Agung Santoso, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Think Pair Share, Pizza Pecahan, dan Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jul 2023 19:34
Last Modified: 27 Jul 2023 19:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18891

Actions (login required)

View Item View Item