Pola asuh orang tua terhadap anak dengan perkembangan motivasi belajar di sd 2 karangbener

Kamala Fasika, Resa (2023) Pola asuh orang tua terhadap anak dengan perkembangan motivasi belajar di sd 2 karangbener. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HAL.JUDUL.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB I V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Pola asuh orang tua merupakan interaksi antara anak dan orang tua selama mengadakan kegiatan pendampingan dalam mendidik anak dengan tujuan membimbing, membina, dan melindungi anak.Orang tua mempunyai peran penting untuk mendampingi anak belajar saat di Rumah.Hal ini tentunya orang tua dituntut mempunyai pola asuh yang tepat dalam mendampingi anak selama di Rumah.Perilaku yang baik muncul dari pola asuh yang baik, begitu pula sebaliknya.Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua saat belajar terhadap motivasi belajar anak. Pola asuh yang baikakan memberikan dorongan motivasi belajar yang tinggi terhadap anak. Peran pola asuh orang tua adalah proses interaksi antara orang tua dengan anak, orang tua akan mengajarkan semua aspek perkembangan anak sejak dini, karena orang tua adalah pembelajaran yang pertama dan utama bagi anak. Motivasi belajar merupakan sebuah dorongan, kemauan atau pun minat yang begitu besar di dalam diri seseorang, untuk meraih suatu keinginan, cita-cita dan target tertentu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karangbener Rt.08 / Rw.05, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus.Sumber data primer dalam penelitian ini adalah orang tua siswa, siswa kelas V SD 2 Karangbener, dan guru.Sedangkan sumber data sekunder dihasilkan melalui dokumentasi, catatan penelitian, buku dan jurnal relevan yang terkait dengan penelitian ini, serta data pendukung lainnya.Teknik dan instrumen pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah tiga dari lima orang tua menggunakan pola asuh demokratis, satu dari lima orang menggunakan pola asuh permisif dan sisanya menggunakan pola asuh otoriter. Kesimpulan penelitian ini adalah pola asuh orang tua mempengaruhi motivasi belajar anak.Anak dengan tingkat motivasi belajar tinggi cenderung orang tua menggunakan pola asuh demokratis, sedangkan anak dengan tingkat kemandirian yang rendah cenderung orang tua menggunakan pola asuh permisif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Mila Roysa,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Khamdun,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jul 2023 19:51
Last Modified: 27 Jul 2023 19:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18894

Actions (login required)

View Item View Item