Nailal Muna, Marsanda (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHAKI TERHADAP HASIL BELAJAR ppkn SISWA KELAS III SD 5 KLALING MATERI HAK DAN KEWAJIBAN. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (551kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (316kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (341kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PPKn siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD 5 Klaling Kec. Jekulo Kab. Kudus khususnya kelas III mata pelajaran PPKn bahwa tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran masih rendah, dari 34 siswa, yang tuntas hanya 18 siswa (52,94%), sedangkan 16 siswa (47,05%) belum tuntas. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas III SD 5 Klaling materi Hak dan Kewajiban sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Kantong Hak dan Kewajiban (KAHAKI). (2) Untuk menganalisis adakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas III SD 5 Klaling materi hak dan kewajiban sesudah menggunakan media pembelajaran Kantong Hak dan Kewajiban (KAHAKI). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis Pre-Eksperimental Design dengan bentuk desain One group Pretest-Postest Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas III SD 5 Klaling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran KAHAKI sedangkan variabel terikat adalah Hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn materi hak dan kewajiban. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan dokumentasi, soal tes yang digunakan meliputi soal tes Pretest dan Postest. Analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji-T (Paired Sample T-Test) , dan yang terakhir yaitu Uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) Rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas III SD 5 Klaling materi Hak dan Kewajiban setelah menggunakan media pembelajaran KAHAKI lebih baik (76,76) dibandingkan dengan rata rata hasil belajar sebelum menggunakan media pembelajaran KAHAKI (52,06) dalam proses pembelajaran atau dengan kata lain media pembelajaran KAHAKI berpengaruh terhadap Hasil belajar siswa. Hal itu dapat dilihat dari hasil perhitungan pengujian hipotesis menggunakan Uji Paired Sample T-Test pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung >ttabel (16,729 >2,034) dan nilai sig<0,05 (0,00<0,05). (2) Peningkatan hasil belajar siswa berpengaruh sebesar 0,55 dengan kriteria sedang setelah melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran KAHAKI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran KAHAKI terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa materi Hak dan Kewajiban
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Erik Aditia Ismaya,S.Pd.,M.A DOSEN PEMBIMBING 2 :Santoso,M.Pd |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran, Hasil belajar, Media KAHAKI |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 20:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 20:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18897 |
Actions (login required)
View Item |